Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Saturday, July 26, 2008

Karya Tulis Terbaik Kegiatan Atraksi, Kreasi dan Orientasi 2008

Penulis : Maria Khiftitah SMA MUJAHIDIN

GREEN SCHOOL CERMINAN BUDAYA

DALAM PEMBELAJARAN

a. Latar Belakang

Pada tulisan ini mengulas permasalahan yang melatar belakangi pembuatan karya tulis yang telah ditentukan

Green School, sekolah hijau yang sudah pasti identik dengan halaman taman yang identik dengan berbagai macam sesuatu yang berskala alam ada di sana. Dari green school / sekolah hijau yang kita ketahui adalah sejuk, hijau, indah dan lain sebagainya akan timbul keinginan dari warga sekolah untuk menjadikannya promotor suatu infrastruktur pembelajaran dari lingkungan sekolah yang hijau sehingga akan menjadi suatu cerminan budaya. Akhir-akhir ini benyak sekali sekolah-sekolah yang merealisasikan green school, di dalam karya tulis ini diungkapkan sampai sejauh mana green school ini menjadi cerminan budaya untuk dijadikan realisasi pendidikan.

b. Permasalahan

Permasalahan yang muncul di green school ini ternyata banyak dan saling mempengaruhi, adapun masalah dalam karya tulis ini adalah Apa pengaruh dari Green School itu menjadi cerminan budaya untuk pendidikan ?

Agar lebih terperinci, penulis akan membatasi permasalahan dalam sub masalah tersebut, sebagai berikut :

b.1. Mengapa green school diktakan sebagai cerminan budaya dalam perealisasian pendidikan ?

b.2. Dari mana itu bisa terjadi ?

b.3. Bagaimana cara menerapkan hal itu dalam pelaksanaan pembelajaran (pendidikan) ?

c. Pembahasan

Pada bagian ini merupakan inti dari pembuatan dari karya tulis dan akan dibahas semua permasalahan.

Green school atau sekolah hijau dikatakan sebagai cerminan budaya karena didasarkan banyaknya perealisasian green school di sekolah-sekolah sehingga menjadi suatu pembelajaran sehingga dari warga sekolah itu sendiri bisa melestarikan dan mengembangkan green school menjadi suatu yang bernilai budaya sehingga mengandung nilai suatu pembelajaran dalam pendidikan

Sehingga warga sekolah harus bertanggung jawab dalam perealisasian green school, bahwa bisa melestarikan karena sebagaimana kita ketahui budaya itu haruslah di lestarikan dan itu bisa diterapkan di dalam pembelajaran bahwa lingkungan sekolah yang hijau merupakan suatu dasar kita memahami pembelajaran dalam suatu pendidikan dengan lebih baik.

d. Kesimpulan dan Saran

Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa kita perlu penanganan green school secara serius agar menjadi suatu perealisasian untuk dijadikan pembudayaan dalam pembelajaran

Untuk merealisasikan green school menjadi suatu pembudayaan, penulis memberikan saran yang dapat dilaksanakan sebagai berikut :

1. setiap green school dalam hal ini harus dapat lebih meluaskan faktor yang mempengaruhi dalam sekolah hijau agar menjadi pembudayaan dalam belajar.

2. Sebaiknya sekolah hijau itu secara rutin diperhatikan dan mendapat pengawasan yang baik sehingga green school itu tidak hanya menjadi sekedar logo suatu sekolah tetapi bisa menjadi pembudayaan dalam pendidikan.

3. Sebaiknya terjalin kerjasama antar semua warga sekolah untuk menjadikan green school sebagai suatu pembudayaan dalam pendidikan dan tidak hanya dari community green school atau pelajar tertentu yang peduli akan hal itu.


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



4 komentar:

Green School July 26, 2008 at 9:37 PM  

Tepat sekali pengertian green school untuk pembelajaran yang telah ditulis adik kita itu, tapi perlu ditambahkan, building image yang ingin dibangun dalam green school itu juga identik dengan keislaman kita. Dimana SMA Mujahidin terletak berdekatan dengan mesjid Terbesar di KALBAR yang sangat didominasi dengan warna hijaunya. Ayo mari kembangkan Green School kita ini. Mulai dari sekarang !!!

artiirhamna August 1, 2008 at 7:52 PM  

Memang benar hijau adalah lambang islam tetapi hijau adalah warna yang mencerminkan suasana damai, sejuk dan lainnya

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP