Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Saturday, February 14, 2009

Periuk Hantu

Kantong Semar / Kantong Kera / Periuk Hantu (Nepenthes) merupakan tanaman karnivora yang memakan serangga. Penyebaran tanaman ini terdapat di Sumatera, Jawa dan Kalimantan

Pertama kali saya mengenal Kantong Semar adalah sewaktu SMP, pada saat itu yang saya ketahui namanya adalah kantong kera dan periuk hantu. Saya mengetahui nama itu dari Ibu dan Ayah,mereka bercerita bahwa semasa kecilnya, sering memainkan periuk hantu tersebut, sayapun kurang tahu digunakan seperti apa pada waktu Ayah
dan Ibuku dulu memainkannya. Menurut orang tuaku, mereka mendapatkan kantong semar itu di daerah Padang, tepatnya di Kampung Mayak, Tanjungpura di mana kawasan padang tersebut adalah Kerajaan Tanjungpura (maaf gak ada fotonya.red). Semasa SD aku juga sering pulang kampung kesana, tapi saat itu tidak belum tahu kalau ada kantong semar. Memang kawasan sana begitu luas, indah terdapat makam-makam Raja Tanjupura.
Nepenthes tersebut kata orang tuaku berukuran sangat besar, entah besarnya bagaimana saya juga kurang tahu. Namun sekarang ini, sudah tidak banyak lagi tanaman tersebut, mungkin Jenisnya juga ada yang udah Punah.
Saya kurang begitu mengerti merawat tanaman ini, di rumah ada 1 pot tanaman ini, namun jarang untuk mengeluarkan kantongnya, Mungkin dalam 2-3 tahun ini, hanya 1 kantong saja yang jadi itupun kantongnya kurang berkembang dengan baik, sehingga tidak sepenuhnnya menjadi kantong.
Setiap kali ada pameran tanaman, selalu aku sempatkan untuk datang, tidak lain dan tidak bukan adalah mencari kantong semar. Tapi bukan untuk membelinya, hanya menggaguminya saja dan berkonsultasi pada pemilik stan tanaman tersebut tentang kantong semar.


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



31 komentar:

abie February 14, 2009 at 12:16 PM  

pertamaxxxx periuk hantu eh..katanya bunga ini mahal ya? langka banget ni bunga ini.

hary February 14, 2009 at 7:21 PM  

ooo kirain hantu...ternyata nama tanaman

hehehe

www.bangkit-itu.blogspot.com

sibaho February 14, 2009 at 9:14 PM  

baru dengar kalo nama lain kantong semar itu periuk hantu... kirain hantu dari tanjung priuk :D

Suryani February 15, 2009 at 10:24 AM  

di Malaysia, saya kira ramai yang mengenali tanaman ini sebagai Periuk Kera,
biasanya banyak terdapat dihutan, walaupun usaha mengkomersialkan sebagai tanaman hiasan..masih belum meluas lagi..

etap.soktau February 15, 2009 at 10:53 AM  

wah..kirain emank hantu beneran gak taunya nama tanaman.. "aku tertipu..aku terjebak..dalam perangkap muslihatmu"..he-he..

bisnisway February 15, 2009 at 4:21 PM  

kupikir film hantu indonesia terbaru ternyata bunga yah...kabar-kabarnya mahal yah...
salam merdeka...!

artiirhamna February 16, 2009 at 9:49 AM  

@abie, ya memang mahal tanaman

Sekedar info, kantongnya itu bukan bunga...
tapi perwujudan dari daunnya itu yang menghasilkan kantong (kalau gax salah) kalau bunganya tersendiri, memang ada bunganya....

boykesn February 16, 2009 at 10:40 AM  

wah, ternyata mas pecinta tanaman juga ya..
bagus info berguna bagi saya yang agak kurang tentang tanaman langka

Must Joy February 16, 2009 at 11:29 AM  

Trimakasih Bos, infonya. Sekalian tuker linknya yah...!
dan kalo boleh bagi srcript gempanya dong...!

mel_anie February 22, 2009 at 4:21 AM  

wah2....ada kantong semar di sini! mel suka banget kantong semar sekarang mel udah punya 3 jenis kantong semar di rumah mel!iya sih mahal banget mel belinya sekitar 50-60 ribu!ada juga yang harganya 250 ribu katanya sih Kantong semar Impor (from Filipina) wedew kaget banget dengernya...mau sie beli cuma kemaren pas pameran itu pas keuangan lagi boke' jadi ya udah lah... lucu deh kantong semarnya kecil banget, di pot yang paling kecil..itu aja sudah mayan mahal apalagi kalau besar kali yah....

Btw yang difoto itu jenis kantong semar yang ada di rumahmu kah!? punyaku juga seperti itu...Yang 2 jenis kantongnya masih banyak nah yang satu ini agak malas keluar nya padahal dulu sering aja kok keluar kantongnya cuman kecil2... pas pameran aku nanya gimana cara ngerawatnya nah dikasih tau deh...yang penting banyak air dan banyak kena sinar matahari (pokoknya jangan sampai kekurangan air)

terus usahakan kamu nyiramnya pake air hujan yah sobat!(aku punya bukunya) katanya bagus banget kalo disiram pake air hujan karena air hujan kan masih mengandung asam gitu. kalo air biasa khan banyak mineral2 nya, jadi kurang bagus...

Makanya mel selalu nyempetin nampung air hujan kalau lagi hujan, demi kantong semarku!hehehe
semoga kantong semarmu makin cantik dan subur yah!...

Mel sangat menyukai Nepenthes... :)

ON THE SPOT October 3, 2011 at 7:40 AM  

wah, namany unik bin aneh plus ajaib.. mngkinkah klo kita simpen di rumah, rumah kita bakaln rame dgn yg namany HANTU?? hhhhh

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP