Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Saturday, February 07, 2009

Termenung yang Tidak Berarti

Assalamualaikum Wr. Wb.
Berawal dari termenungnya aku, kutatap langit-langit itu, kututup mata dengan dalam lalu kupikirkan sesuatu itu. Sesuatu yang membuatku harus introspeksi diri apa yang menjadi kekuranganku saat ini. Aku merasakan perasaan yang sungguh luar biasa, aku merasakan bahwa aku adalah manusia yang hina, penuh dosa.
Kenapa, kenapa aku seperti ini? Padahal orang sekitarku menggangap diriku adalah manusia yang punya kelebihan. Punya keterampilan diluar batas kemampuan teman-temanku. Ingin rasanya keterampilan ini untuk kutularkan kepada mereka, namun apa daya sulit bagiku untuk melakukannya. Aku selalu berkata nanti saja, belum ada waktu atau kalau ada waktu dan Insya Allah yang selalu kukatakan kepada mereka. Tapi aku begitu munafik tidak pernah menepati janji, hanya beberapa orang saja yang kuladeni. Sebenarnya aku tidak mau terlihat sombong dan pilah pilih teman. Tapi bagaimanapun sulit untuk kulakukan, aku sendiri orang ceplas ceplos, jika mendapatkan sesuatu ataupun hal lainnya, pasti aku tidak bisa diam. Mulut ini tidak bisa diajak kompromi selalu ingin mengutarakan apa yang telah kudapat, seperti orang yang ingin dipuji, dibangga-banggakan. Memang kadang mereka cuek saja. Terkadang juga menggangapku sombong. Tapi pernahkah mereka tahu apa yang kurasakan menjadi diri yang punya kelebihan ini tapi tak bisa untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya. Akhirnya kusadar, setelah mengalami sebuah peristiwa pada hari itu, aku tahu bahwa diriku bukanlah seorang yang punya kelebihan, namun masih banyak kekurangan.
Dalam lubuk hati yang paling dalam selalu berkata, Aku ingin menjadi orang yang sederhana, biasa-biasa saja, tidak mau punya kelebihan itu, tapi ini adalah takdir dan nikmat yang diberikan Allah, aku harus memanfaatkannya dan mensyukuri nikmat itu.
Memang postingan ini begitu aneh, aku ingin kalian tahu saja sifatku ini bahwa diriku bukanlah orang yang pendiam tidak ada masalah, memang aku jarang punya masalah, tapi setiap masalah yang menimpaku kujalani dengan senyum dan tawa kulampiaskan dengan penuh keriangan di sekolah. Semua itu berhasil kulakukan, Sehingga teman-teman pun tidak tahu kalau aku ada masalah atau pelik yang mengundang di hati ini. Masalah tersebut hanya sebuah tantangan hidup, rasanya ingin menangis, tapi air mata ini tidak bisa mengalir. Ingin menampar dan meninju muka ini agar air mata itu mengalir dengan derasnya. Sudahlah. Aku tidak ingin memikirkannya lagi, kuselalu berdo’a, Ya Allah jauhkanlah aku dari sifat yang Engkau benci, sifat sombong, munafik, pemarah juga pendendam. Itu yang selalu kuucapkan dalam do’aku.
Jangan tertawa temanku, jangan tertawa Guru-guruku melihat tulisan ini, hanya ingin menumpahkan saja ke dalam tulisan ini agar perasaan itu sedikit terobati. Saat ini yang ingin kulakukan adalah menjadi manusia biasa yang akan selalu dipanggil Mister ataupun Pak Guru. Aku hanya temanmu, temanmu yang berlumur dengan dosa, sama seperti kalian yang tidak punya apa-apa. Semua pembaca yang sudah membaca tulisan ini, mohon sarannya dan kritikan terhadap diriku ini.
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



47 komentar:

Green School February 7, 2009 at 9:16 AM  

Hmmm...mau yang pertama ah kasi komentarnya.... !!!!

Komentar pertama buat judul, kalau dari isi yang udah ibu baca, ketermenungan mu itu penuh arti loh am, kamu menyadari akan kelemahanmu that's point. Manusia hidup penuh dengan banyak pilihan, tinggal bagaimana kita bisa memutuskan pilihan yang tepat buat kita, yang akan membawa kita ke arah yang lebih baik. Hati kita seperti air laut am, kadang pasang kadang surut, fluktuatif, kadang naik kadang turun. Hati adalah tempat iman bertahta. Menyadari akan kelemahan dirimu menandakan hatimu kaya. Pohon ada yang bertunas setelah dilukai. Beranilah untuk merubah diri tentunya ke arah yang lebih baik. Syukuri atas anugerah dan semua kelebihan yang kau miliki. Tapi ingat anugerah itu jangnan membuat dirimu menjadi sombong. Setiap manusia memiliki kelebihannya masing-masing am.Menangislah jika kau ingin, karena menangis itu menandakan kelembutan hati kita, malah sangat bahaya apabila ada orang yang tidak pernah/bisa menangis. Bagikanlah semua ilmu yang kau dapat. Karena setiap apa yang kita beri akan mendapatkan yang lebih banyak lagi. Ok sementara ini dulu komen ibu, ntar ibu pikirkan lagi yang lain...kalau masih galau....bilang ya...

your friend hilya February 7, 2009 at 11:25 AM  

Hai friend janganlah engkau merasa terbebani dengan semua ini, karena hidup adalh titian menuju tempat yang kekl n abadi,. n semua orang tidk akn pernah lupt dri kesalahn n dosa, mslh2 yang pernh muncul ditengah2 kebahagian kita, coblah untk hadapi dengan tenang, karena semua maslh pasti ada jln keluar,,tinggl bagaimn cra mencri jln keluar itu,..
coba deh iam byangkan, klau semua orang hidup damai teng,dan taat pada sang pencipta, bahkan setan2 juga ngk berkeliaran untk menggugah nfsu manusia,,mungkn neraka ngk ada kali ya am,,y hly sih pasti memg ngk tau,,karena itu sma hnya allah yang tau..
karena semakin allh memberi cobaan kpda manusia,semakin allh menyayangi manusia itu..qey,,hidup iam

Indra Putu Achyar February 7, 2009 at 5:52 PM  

Hidup terkadang bagaikan fatamorgana yang datang dan pergi tampa permisi. Hidup mudah di kata, tapi hidup sulit untuk dijalani

Indra Putu Achyar February 7, 2009 at 5:53 PM  

bersyukurlah karna kamu mempunyai kelebihan yang dikata temen-temen-mu itu....

Doni Dwi Cahyadi February 7, 2009 at 6:48 PM  

mau ikut nimbrung nih...

Allah tidak membebankan suatu beban yang berat kepada suatu kaum, kecuali sesuai kesanggupannya...

itu aja yah...

Afrid Fransiscoooooooooo February 7, 2009 at 6:52 PM  

semua manusia ngga ada yg sempurna. ebnarkan..,

kita semua terus belajar tuk memperbaiki diri atas kesalahan masa lalu..,


hari demi hari semakin kuat bersama-NYA.

SEMANGAT SEMANGAT SEMANGAT temanku

SEMANGAT For U

andhika February 7, 2009 at 7:18 PM  

hidup adalah pilihan yang menyenangkan juga seperti buah dadu yang selalu berubah jika di lempar.

dunia-sports February 7, 2009 at 8:17 PM  

kesempurnaan adalah milik yg di atas....

syukurilah dan banggalah dgn kelebihan yg dikaruniakan kepadamu sob tapi jgn lupa diri...jgn jadi sombong....di atas langit ada langit...
bangga dgn kelebihan kita harus...tuk pemicu semangat.....

biar apa kata orang yg penting jadilah diri-mu sendiri sob.......yg penting tidak merugikan orang lain.....kl prinsip sy sih sob jadi orang jangan terlalu jahat aja soalnay kl jadi orang baik kayaknya susah kl saya ya....

btw kl lagi berdoa jgn lupa doaian sy juga sob biar tk online-ku...bisa langgeng dan + maju...
huuhhh ada maunya ya kasi komentar juga.....

semoga sukses dan sehat selalu ....

putus asa,,,kata" jikalau...seandainya,,,apabila...umpama...andaikan....
juga selalu sering muncul dalam benak-ku juga friend.....kl kata" itu uda ada di benakku......pasti gak bisa kasi komen ke u sob...

habis baca postingan -mu sy juga jadi pengen nyempatin waktu untuk merenung juga bos....

kadang termenung itu so pasti penting banget sob......

frizzy February 7, 2009 at 9:57 PM  

Halo sob, apa kabar?
Kuatkan optimisme
Kuatkan menuntut ilmu
Kuatkan disiplin
Kuatkan persahabatan
Kuatkan ibadah
Cuma ini yang bisa aku sampaikan sob, semoga kamu berhasil dan beruntung dalam hidupmu.

Cheers, frizzy.

Abiagi Smith February 7, 2009 at 10:42 PM  

manusia adalah makhluk yang diberi kemuliaan oleh Alloh SWT. diberinya akal, hati dan nafsu untuk membedakan mana jalan yang benar dan salah. dan dengan potensi itu juga kita diberikan kelebihan untuk bisa mengoreksi diri (muhasabah) dan dikoreksi sisi kelemahan kita oleh yang lain untuk kembali lurus, optimis ( tausyiah). kalau bagiku hal terbaik yang harus kita lakukan adalah bersinergi, saling mengisi kekurangan dan membagi kelebihan yang kita miliki untuk semua makhluk ciptaanNya.
semoga Alloh senantiasa membimbing kita untuk menjadi manusia yang sempurna...namun itu tak mudah, karena hidup adalah pendakian panjang menuju puncak keabadian....

sobat February 8, 2009 at 9:38 AM  

Allah selalu bersama dengan orang yang sabar. Bersyukur atas rahmad taufik dan hidayahNYa yang telah kita nikmati, Carilah selalu RIDLA ALLAH. Banyak-banyaklah memberi.
Irhamna tidak sombong kok, cuma cara komunikasi dan interaksi sosialmu perlu ditingkatkan.
OK kami selalu ada di sekitarmu dan siap mendukungmu (caleg kalleeee...he.. heee).

lima February 8, 2009 at 10:59 AM  

Angkat JEMPOL ibu for my sun. But org yg mau introspeksi diri tu adalah org yg sll mjaga diri e dr prbuatan slh. Doa2mu benar & dipebghujung doa istikharah berbunyi : "smoga hamba menjadi org yg sll brsyukur ats smua karunia-Mu". Bygkan anakku, cobaan itu jdkanlah karunia. Krn yg menguji kt adalah SANG PENCIPTA makhluk ini, bukan ortu, ibu, teman2 dll. Berarti kamu tuch makhluk pilihan-Nya yang kuat, hebat atas kelebihan & kekurangannya palagi g sombongkan ? Seseorg yg tlh mendapat UJIAN dari-Nya itulah org yg memiliki iman yg kuat. Anakku..mengapa diciptakan SETAN di muka bumi ini ? Kr tanpa makhluk yg tercipta dr api itu, manalah kita tahu sejauh mana iman kita, iman seseorang !!! So...jdkn kelebihan n kekurangan kt shbt buat diri kt sndiri yg membentengi langkah kt. Tp spontanitasnya kalo melihat sesuatu yg ganjl or yg g bener, lgsg protes/komplain terus dipertahankan yah. Klo g bgmn mo memperbaiki kesalahan iya toh ??????

lima February 8, 2009 at 11:02 AM  

TERMENUNG YG TIDAK BERARTI ???????????? siapa blg tdk berarti. Krn termenung tu g jauh dr mimpi kan ?? sdgkn hidup tuh harus menciptakan dream, kr dr dream itu kt bisa refleksi utk mencapai dab mewujudkan impian dan cita-cita kita. Jd Termenung itu normal, justru kalo ga termenung/ bermimpi itu lebih dekat ke frustasi.

Blok c No.3 February 8, 2009 at 3:32 PM  

Hidup didunia adalah panggung sandiwara... (masih ingatkan lagunya...)

Ingat Bro...Hidup kita didunia hanya sekali,tunjukkan kita tetap bersemangat,bersenang-senanglah didunia ini.

Karisha February 8, 2009 at 3:53 PM  

org yg terlihat tegar adalah org yg plg membutuhkan ketegaran.
org yg selalu berusaha melindungi org lain adlh org yg plg butuh perlindungan..
...

its best being who u really r. dsna bs di lihat siapa yg bnr2 menerimamu apa adanya :)
hidup memang petualangan. tdk selalu mudah. tp mrk yg di sebut sahabat, pasti akan selalu tahu walau kau tdk menyuarakannya

:) salam kenal jg yah

' Li ' February 8, 2009 at 5:18 PM  

manusia tidak ada yang sempurna teman..!!!!
kesempurnaan cm milik TUhan..

guswal February 8, 2009 at 8:41 PM  

merenungi apa yang terjadi dengan diri kita itu menrupakan suatu anugerah yang luar biasa karena tidak setiap orang mampu menyadarinya. merasa bahwa dirinya tidak mempunyai apa-apa itu lebih baik karen semua itu hanya titipan. kelebihan yang mampir dalam diri kita itu bagaikan sebilah pisau bermata dua, jika kita menyadarinya bahwa hal itu hanyalah titipan yang harus semestinya dijaga itu sebenarnya yang diharapkan tapi kebanyakan orang lalai dengan titipan itu sehingga mereka menyangka bahwa itu adalah miliknya, sehingga kecongkakan, keangkuhan, dan kesombongan menyelimutinya. Allah tidak menilai apa yang ada dalam diri kita, namun penilaian itu berdasarkan pada bagaimana kita menggunakan sesuatu itu sebagaimana mestinya yang baik dan benar. mungkin itu mas. saya pikir semakin sering kita merenung maka kita semakin diberi pencerahan yang hakiki

awan_clickerz February 8, 2009 at 8:42 PM  

wah....ada apa gerangan dengan dirimu sobat..aku tak paham benar intuisi hatimu...
kirim problema u ke awan_clickerz@hotmail.com
kita share lah.a..ya......ya..

-salam persaHabatan-
bener kata frizzy tuh kuatkan optimisme mu

Yup !

raka February 8, 2009 at 9:15 PM  

"kebingungan adalah jembatan yang menakjubkan, karena dia akan mampu menghantarkan pada sebuah keyakinan. Tetapi kebingungan juga menjadi tempat yang menakutkan, karena menimbulkan keguncangan dan kegelisahan" wallahu'alam

zhind February 8, 2009 at 9:16 PM  

musuh yang paling berat adalah diri kita sendiri,dan teman yang paling dekat adalah diri kita sendiri....
beusaha lah agar kita menjadi teman untuk diri kita sendiri.....

zener_lie February 8, 2009 at 9:19 PM  

untukku termenungmu tiada arti. tapi jika untukmu jelas berarti. karena itu adalah langkah dirmu untuk menjadi manusia yang lebih baik daripada dirimu saat ini.

boeedi February 8, 2009 at 10:41 PM  

Saat keterpakuan bekukan hati, himpit indahnya mimpi
Saat itu titian langkah merahkan darah penuhi nadi bawa diri pada-MU
Saat keletihan berlari mengejar bayang harga diri
Saat itu ku tertegun dipuncakmu, nikmati kebersamaan akan ciptaan-MU

boykesn February 9, 2009 at 7:47 AM  

termenunglah....tapi jangan menghakimi diri, jadikan semacam rehat untuk mengembalikan yang lalu dan yang kemudian menjadi lebih baik

bdh February 9, 2009 at 10:30 AM  

manusia memang selalu punya kekurangan tetapi juga tidak kurang kelebihannya, jadi be happy dan nikmati hidup sambil berbagi :-)

Ali Munandar February 9, 2009 at 12:02 PM  

maaf nich baru bisa mampir dan kasih komentarnya lg ... biasa ada kesibukan dikit di rumah

LiYaNa February 9, 2009 at 12:58 PM  

alhamdulillah.... muhasabah diri akan banyak buat kita lebih kenal dgn diri sendiri.. semakin kita kenal dgn diri sendiri, semakin byk kelemahan yg kita sedari... kelemahan utk kita perbaiki.., kelemahan itu akan menjadikan kita lebih baik dan lebih tabah utk menghadapi ujian yg bakal kita hadapi esok hari...

kita belajar dari kesilapan.., dan pengalaman itu merupakan guru terbaik mengajar kita supaya lebih kenal dgn erti kehidupan..

saat ini, jarang kita temui insan yg mengakui kelemahan diri sendiri.. tahniah dan syabas kerana anda berjaya mengakui kelemahan diri sendiri.. kuatkan iman dan taqwa.. Allah lebih menyayangi seseorang hamba itu melebihi apa2 pun jika dia melakukan dosa lalu dia menyesali dan bertaubat kepada-Nya....

wallahu a'lam...

pengajaran kpd saya juga...

Tomi Utomo February 9, 2009 at 2:36 PM  

Aku dulu juga pernah ngerasa begitu :D

Tapi yang terpenting Kita harus mengkoreksi diri&mencoba menjadi yang lebih baik :)

firman wijaya February 9, 2009 at 6:23 PM  

Wah justru menurut aku, itu kelebihan kamu yang orang lain mungkin ingin seperti kamu. Merenung bagus untuk memperbaiki diri, tapi jangan larut dalam kesedihan. Setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pertanyaannya bagaimana kita menempatkan diri dengan kelebihan dan kekurangan yang Allah berikan kpd kita? Bersyukurlah dan tempatkan kelebihan dan kekurangan Anda dengan benar.

Green School February 9, 2009 at 6:25 PM  

Tuh khan am benar kata ibu, termenung mu berarti loh...udah namyak juga khan yang beri taujih, jdai jangan galau lagi ya....

Game_Lover February 9, 2009 at 8:10 PM  

Termenung tuh berarti juga bro...!

untuk mengingat perbuatan apa saja yang tlh kita lakukan. Baik atau buruk

terus apa lagi kedepannya yang hrs kita lakukan. haruskah kita berubah, dr termenung itu kita bisa sadar dan mau berubah

moga masukan nie berguna bro

jgn lupa komentar balek nya :D

boy February 9, 2009 at 11:07 PM  

Very interesting article, i have bookmarked your blog for future referrence.

zico February 10, 2009 at 10:26 PM  

termenung sama artinya, dengan Berpikir sesaat lebih berarti dari sholat seribu rakaat tanpa ilmu.......mka termenung,,,tafakur itu adalah cara kita melihat kedalaman hati....

d3d3 February 10, 2009 at 11:19 PM  

Semua orang pasti mempunyai kekurangan, tergantung kita melihatnya dari mana.
Alangkah baiknya jika kita menutupi kekurangan itu dengan kelebihan kita.
Jadi janga terlalu larut dengan masa lalu yang pahit dan menyedihkan, karena hari esok pasti lebih cerah jika kita mau berubah menjadi lebih baik.

SELAMAT DATANG DI RUMAHQUE February 14, 2009 at 12:24 PM  

gimana seri termenungmu kali ini apakah sudah ditemukan akhir cerita dari termenungmu?? walaupun ibu tdk membr komentar tp ib diam2 memperhatikan perkembanganmu. km tdk akn sempat termenung jk kamu alwys open ur blgr, krn dsn ada sobat2mu yg menunggu crtmu. skrg ini ib minta km n teman2mu evaluasi diri abt hsl TO kmrn key... Met berjuang n j9n lupa byk2 mkn buah2an yach......?!

Hellen February 24, 2009 at 7:26 AM  

Mari syukuri nikmat yang telah Tuhan berikan, minta padanya untuk memberikan kita ketenangan hati untuk menerima apa yang tidak bisa diubah, keberanian untuk mengubah apa yang perlu diubah, dan akal budi untuk membedakannya.

Tetap semangat dan Sukses selalu. :)

Muis April 3, 2009 at 2:58 AM  

termenung boleh aja, tapi di batasi waktunya, dan yang wajib... harus ada yang dapat di ambil sebagai pelajaran, termenung tidaklah berdosa, tapi ia dapat menjadi kekuatan besar apabila di dalam termenung, kita beristirahat kemudian memompa diri untuk sesuatu yang lebih besar. INGATLAH... muslim sejati tidak akan mau jatuh ke dalam lobang yang sama 2 kali....

sutrisno November 30, 2010 at 8:02 PM  

sungguh sungguh terketuk hatiku....terhayut dalam lamunan...seakan akan terbawa erosi emosi dalam nadi hidupku.....yach itu lah cerita hidup yang tak dapat di prediksi atau kemistaan kita semakin terlihat..,.god's idea

My Diery July 26, 2011 at 10:40 PM  

manusia bukanlah mahluk yg sempurna..
namun Allah menciptakan segala sesuatunya untuk membuat akhlak kita sempurna...
bersyukur dg ap yg telah diberikan kepada kita saat ini...
percayalah bahwa semuanya ada hikmah dibaliknya...
keep your smile.. :)

Chencake August 10, 2011 at 6:01 PM  

Kata ibuku kalau punya ilmu dan dtularkan sama orang lain kita akan menjadi lebih pintar,,, jadi jangan ragu2 untuk berbagi ilmu untuk kecerdasan bangsa,,,

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP