Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Friday, March 27, 2009

Kulminasi di Tugu Khatulistiwa

Assalamualaikum Wr. Wb.
Daerah Pontianak adalah salah daerah yang dilewati garis Equator atau Khatulistiwa, selain Pontianak ada juga negara yang dileawti garis tersbut yaitu Gabon, Zaire, Uganda, Kenya dan Somalia di Afrika, kemudian di Amerika Latin, garis itu juga melintasi 4 negara yaitu Equador, Peru, Columbia dan Brazil. Dari semua negara yang dilewati tersebut hanya ada satu di Dunia yang dibelah atau dilintasi persis oleh garis ini tepat berada di Tengah atau Pusat Kota yaitu Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Dalam setiap tahunnya ni sobat, ada sebuah fenomena alam yang terjadi 2 kali dalam setahun yaitu TITIK KULMINASI, dimana saat benda yang ditancapkan tegak lurus akan tidak terlihat adanya bayangan karena matahari berada tegak lurus diatas kepala yang terjadi pada tanggal 21-23 Maret dengan titik kulminasi pukul 11.50 WIB dan pada tanggal 21-23 September yang terjadi pada pukul 11.38 WIB di Tugu Khatulistiwa.
Event dan fenomena ini tidak dilewatkan olehku, walaupun bukan pada hari pertamanya tanggal 21 Maret 2009, tapi acaranya sungguh meriah dan banyak wisatawan luar yang datang, diantaranya Rombongan dari Brunei dan juga ada Orang India dan wisatawan lainnya yang tidak kuketahui asalnya.
Acara Titik Kulminasi dimulai dengan datangnya rombongan Bapak Walikota yang dismbut dengan Hadrah, Kemudian berdasarkan info yang saya dapat, acara tersebut dilanjutkan dengan tari-tarian dan yang terakhir adalah menyaksikan Titik Kulminasi di
KawasanTugu Khatulistiwa. Beberapa turis juga tampak hadir dan menyaksikan fenomena ini. Selain itu acara ini juga mengadakan pameran selama 3 hari mulai dari pameran foto, sepeda ontel kerajinan dari ibu-ibu PKK dan lainya.
Berikut foto-foto acara Titik Kulminasi di Tugu Khatulistiwa pada Tanggal 21 Maret 2009 yang kuperoleh dari kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Pontianak (ARPUSDA) Terima Kasih atas foto-fotonya.
Wassalam...


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



61 komentar:

IHSAN March 27, 2009 at 7:11 PM  

YES PERTAMAX PLUS

orang pontianak ya?

klo saya orang palangkaraya, KALTENG

tetangganya dikit

he he he salam kenal ya

kha March 27, 2009 at 7:48 PM  

aku baru tau loh klo di indonesia ada tempat yang punya fenomena titik kulminasi.....

Mampir Ngombe March 27, 2009 at 8:19 PM  

Saya di Jawa Tengah.....jadi tidk merasakan...kulminasi...

Alahamdulillah kita berada di kawasan yg sungguh indah, subur, damai....

Semoga kita semua menyadarinya dan bersyukur atas nikmat Allah SWT,.....

e-je March 27, 2009 at 8:42 PM  

oh ada semacam perayaan gitunya yah??
itu titik kulminasinya diseluruh pontianak atau di wilayah tertentu aja sob??

Rumah Islami March 27, 2009 at 8:46 PM  

jujur baru tahu kalo ternyata Pontianak persis dibelah oleh garis katulistiwa! artikel yang menarik sekali :)

bejo March 27, 2009 at 10:22 PM  

wah asyik nih kalau bisa melihat moment seperti itu, tapi sayang deh aku jauh di desa pinggir selatan pulau jawa, sementara kalimantan jauh di sana...

bayu nugroho March 28, 2009 at 12:22 AM  

wah baru denger nih, berarti ak lebih bedon dari anak esde song yah....hiiks hiks teganya kamu irham....oia award ud ak kerjakan yah...

Narti March 28, 2009 at 12:36 AM  

wah bagus tuh buat menarik wisatawan, baru ngerti juga kalau ada perayaan seperti itu dan acaranya meriah sekali. makasih sharingnya.

vie_three March 28, 2009 at 9:16 AM  

gila.... keren banget, seandainya aq ada disana dan bisa merasakan moment ntu.....

dunia-sports March 28, 2009 at 7:48 PM  

muantap,,,,kota pontianak.....cuma sayang ya,,,kalau dibandingkan dgn pulau kalimantan yg lain ,,,,,pontianak masih ketinggalan sihh,,,,tapi mudah"an bisa cepat nyusul ketinggalannya biar bisa sejajar dan mudah"an malah bisa lebih maju dibanding dgn pulau kaliamantan yg lainnya......

bravo kal-bar

keep posting friend,,,,and please forgive me if i seldom visit u .....but u are always in my heart......

tq.......

boykesn March 29, 2009 at 1:15 PM  

hmm...katanya daerah yang dilintasi garis katulistiwa panas sekali ya..mas....
nah pas kulminasi gimana kira2 panasnya ya...

LI March 29, 2009 at 4:54 PM  

wah itu hasil potonya bagus2 banget...
kapan main ke sana yaa..hhmmmm....

sehat dengan reiki March 29, 2009 at 9:18 PM  

Memang benar Pontianak berada di titik NOL DERAJAD Khatulistiwa sehingga panasnya minta ampun. Dari foto-foto itu terlihat betapa cuaca cerah sekali disertai angin semilir namun gerah panasnya minta ampun. Kalu sudah begitu apakah pendingin ruangan ( AC ) juga berfungsi meredam panasnya sinar matahari?

NeoComps March 29, 2009 at 11:25 PM  

waahhh salam buat pontianak sob..dulu sempat tinggal d pontianak n ketapang ..jujur, pontianak n ketapang kota yg menyenangkan dan bersahabat..

Aji Prasetyo March 30, 2009 at 7:21 AM  

mantabh...
memang ada kok kulminasi di Pontianak..
Saya kan blajar Astronomi juga di Geophysics & Meteorological of Academy

Ranie March 30, 2009 at 7:34 AM  

hmm...25 taun saya tinggal di indonesia, baru tau klo ada event itu di pontianak..perasaan dulu waktu SD,SMP n SMA ga pernah dikasih tau.....hmm, apa emang gurunya juga pada ga tau ya?makasih ya irhamna.....

awan_clickerz April 1, 2009 at 8:39 PM  

Hmm...asik tuh kayanya perhelatan diatas,
aku langsung ke
http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php

apa sih arti kulminasi itu..
dapet lagi kan ilmu disini.

SEMANGAT
Yup !

indra putu achyar April 1, 2009 at 10:35 PM  

weleh-weleeeeeeeeeh seru juga yak, mau donk ke sana..........................

awan_clickerz April 2, 2009 at 11:09 PM  

I'm back again
*bikin kotak komentar gni gimana Ir,
yg bisa ditarik n' ada nomor nya segala lagi*..

:D/
Yup !

angga April 3, 2009 at 6:10 AM  

Wow kapan2x mo main2x ke pontianak ah. Pengen ngerasain cerahnya kota di garis khatulistiwa

i'disastra April 4, 2009 at 1:16 AM  

wah kita patut bersyukur, TITIK KULMINASI ada di indonesia.

Cayo Indonesia !!

artiirhamna April 7, 2009 at 9:41 AM  

Karila Wisudayanti: Wah harus siap mbak, tinggal 13 hari lagi...
mohon doanya!!

roomen May 28, 2009 at 8:41 AM  

roomen punya sodara di kalbar,,, tepatnya di singkawang. kl roomen main pasti mampir ke pontianak biar kita bs ktemu bos,,,

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP