Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Sunday, May 24, 2009

Sungai Kami, Sungai Kapuas

Assalamualaikum Wr. Wb.
Sobat Blogger di manapun berada, tidak terasa kita berada di akhir bulan Mei ini. Bagaimana dengan bulan Mei anda ? Mudah-mudahan baik saja ya!! Seperti yang kita ketahui, Sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas. Sungai ini membentang sepanjang 1.143 km dengan segala aktifitas masyarakatnya.
Salah satunya adalah aktifitas perdagangan, barang-barang yang masuk ke Pontianak harus melalui sungai ini dan singgah di Pelabuhan Pontianak yang terletak di Jalan Pak Kasih. Kendatipun demikian aktifitas ini adalah aktifitas yang biasa kita lihat di tempat anda juga!! Benar kan??
Kehidupan Sungai Kapuas tidak akan terlepas juga dari segala aktifitas manusia yang tinggal di tepi Sungai. Mereka menggunakannya untuk mandi, mencuci, memasak, mencari ikan serta sebagai transportasi.
Bagaimana dengan kandungan airnya yang digunakan untuk mandi atapun memasak ? Tidakkah berbahaya ? Saya sekarang belum bisa meneliti untuk hal itu karena keterbatasan kemampuan. Tapi kalau memasak, sepertinya mereka menggunakan air hujan. Kalau mandi bagaimana ya ?
Saya melihat banyak sekali yang mandi di Sungai Kapuas, padahal di dekat tempat pemandian yang tidak terlalu jauh dari rumah penduduk banyak sampah. Terutama di bawah atau kolong rumah yang banyak sekali ditemukan sampah. Inipun terlihat bahwa sampahnya kebanyakan sampah rumah tangga dengan dominannya adalah plastik. Sehingga kalau air surut, baunya pun menyeruak, walaupun tidak begitu menyengat.
Kondisi ini harus segera diatasi, melalui tindakan langsung dengan mengambil sampah lalu memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk membudayakan kehidupan tidak membuang sampah di Sungai Kapuas ini. Sayapun masih berupaya untuk ikut serta dalam hal ini bersama teman-teman, tapi hasilnya belumlah maksimal. Semoga di kemudian hari, segala hal yang ingin kami wujudkan untuk sungai kami, Sungai Kapuas bisa terwujud. Amin.
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



57 komentar:

HPK-UIN May 24, 2009 at 7:43 PM  

kapuas dulunya merupakan kebanggan rakyat indonesia..dengan info ini semoga bisa menggugah rasa kepedulian kita akan nama besar kapuas..semangat terus sob...!!!walopun itu cuman sedikit tapi sangat berarti buat rakyat pontianak..!!!

e[A]r~fA'n May 24, 2009 at 7:59 PM  

betul, kapuas sekarang udah tecemar ame tangan2 manusie tak bertanggung jwab, harusnye mereke sadar kalo sunge tu idop kite dan mereke, kalo sungai kapuas udah di cap tercemar, baru lah rame2 bersihkan tu... caya' lah.

bayunature May 24, 2009 at 9:12 PM  

wLu blm pernah kesana, katantya Kapuas sungai besar yg merupakan urat nadi kehidupan masyarakat pinggir sungai khususnya. sayang skr kelihatan kotor, banyak sampah tuh di photonya!!

Vicky May 24, 2009 at 9:54 PM  

Terima kasih infonya...

Wah memang sangat berbahaya, jika sungai kapuas yang kondisinya sudah tercemar masih dipakai untuk untuk mandi, mencuci ataupun memasak oleh masyarakat sekitar.

Mudah-mudahan usaha sobat dan teman-teman untuk membantu mengatasi atau minimal mengurangi permasalahan sungai kapuas bisa berjalan sesuai dengan rencana. Amin.

Sukses Selalu

coretan Imtihan May 25, 2009 at 12:24 AM  

masyarakat tersebut kebanyakan belum mengerti... ditambah lagi dgn keadaan ekonomi yg membuat mereka blm bisa mempunyai tmpat pembungan sampah yg memadai. Akhirnya sungailah tmpat sampah yg murah... semoga itu semua bisa cepat diatasi

vanz May 25, 2009 at 3:15 AM  

Semoga makin banyak orang yang sadar dan peduli ama lingkungan melalui artikel ini. Tapi sulit juga kalau seandainya ga ada tempat membuang sampah yang semestinya disediakan ama pemerintah. Ayo de sama2 kita rawat lingkungan kita. ^^

APIH YAYAN May 25, 2009 at 4:23 AM  

kalau di bandung, mungkin sama dengan sungai kapuas, cikapundung sekarang jadi dangkal bang.. selamat berjuang untuk kelestarian suangai kapuas

Simon Satrio Priambodho May 25, 2009 at 7:07 AM  

Walau saya bukan penduduk sekitar Kapuas, saya merasa juga memiliki sungai Kapuas.. Apa yang akan kita lakukan untuk barang milik kita sendiri? Tentunya kita akan mnjaganya.. Apa lagi sungai kapuas yang merasa dimiliki banyak orang.. Mungkin ada satu dua orang yang tidak peduli akan barang miliknya.. Apakah kita juga akan IKUT MEREKA YANG TIDAK PEDULI??? Lama-lama bukan Sungai Kapuas saja yang tidak dipedulikan oleh masyarakatnya.. Negaranya pun tidak dipedulikan dan dijaga.. Sehingga dengan mudahnya diambil oleh negara lain. Saya hanya ingin mengatakan; mari.. kita mulai peduli dari diri kita sendiri.. kemudian peduli terhadap orang lain.. dan JANGAN MENUNGGU ORANG LAIN PEDULI TERHADAP KITA...!
Kita mampu saudara-saudaraku...
Semoga pemerintah segera mengambil tindakan sebelum terlambat.. Cari tahu penyebab mengapa penduduk kurang peduli terhadap lingkungan.. Dan apa Solusi bijak yang diberikan kepada mereka..
Jangan saling menyalahkan..
Kita melakukan ini untuk kepentingan bersama..
Jangan menunggu orang lain yang melakukannya..

Anda mampu dan mau melakukannya..

ebenk789 May 25, 2009 at 7:49 AM  

Sebelum ingin meruah orang lain tentunya kita harus Merubah kebiasaan diri kita sendiri bukan ? Nah sekarang pertanyaannya apakah kita sudah terbiasa hidup bersih ? :D

roomen May 25, 2009 at 8:47 AM  

turut prihatin bos,, seharusnya yg berwajib uda hrus menangani kondisi ini... ato paling tidk kesadaran masyrakat kita yg gotong royong

Fajar_Bukan May 25, 2009 at 9:03 AM  

sesama urang kalimantan..... saya miris melihat sungai2 di kapuas atau di daerah saya banjarmasin....sangat kotor....
Seharusnya pemerintah daerah harus bertindak tegas terhadap hal ini ... karena sungai merupakan ciri dari pulau kalimantan...
Sob kita tuker link yuk...

Gudang Hikmah May 25, 2009 at 9:42 AM  

tugas kita bersama untuk menjaganya,kalo cuma menunggu uluran tangan dari pemerintah atau pihak yang berwenang lainnya akan lama baru terealisasi. hayu mulai dari diri kita sendiri,mulai saat ini dan mulai dari hal-hal yang kecil.

Bandrek Cantigi May 25, 2009 at 10:01 AM  

melihat sungai diamanapun bukan hanya dikapuas saja, tentunya sangat menyedihkan sangat miris bahkan sangat malu, sebagai negara yang berpenduduk muslim terbesar didunia, tapi sangat menyepelekan kebersihan, sungai adalah cerminan suatu bangsa, sungainya bersih dan rapih berarti bangsanya juga, kita lihat paris, belanda, sungi-sungi di negara mereka begitu indah dan bersih, jagan salahkan siapapun karna kita semua yang salah, berbuatlah dari sekarang dari hal yang kecil yang penting konsisten.

Magazine Blog May 25, 2009 at 10:43 AM  

wew..
moga aja yang tinggal di sekitar sungai itu sadar 'n ikut ngejaga kebersihan.. ^^' sayang bnget kalo sungai kapuas jadi kayak sungai2 di jakarta sini

Fathia May 25, 2009 at 1:09 PM  

duh, tercemar banget udah kapuas. Alhamdulillah sungai dikampungku masih bersih, dan semoga aja tetap asri. amiin

Ophand May 25, 2009 at 1:52 PM  

waduh bisa jd pemicu pencemaran penyakit di sungai kapuas neh... adakah tindakan pemrintah set4 yang peduli akan kesehatan masyarakat yang disekitar sungai kapuas?? hehe.. ;)

waluyo May 25, 2009 at 2:24 PM  

sayang...sekali keindahan tidak menghilang karena sudah bosan dengan manusia, tapi manusia mengusirnya.....manusia kebanyakan sukanya dihargai tapi tak mau menghargai...ingat alam di sekitar kita itu memiliki emosi yang mampu merespon perlakuan dari luar dirinya

nopi May 25, 2009 at 3:19 PM  

usaha anda sudah bagus sekali,memulai dari hal yang kecil. seandainya penduduk sekitar dan instansi pemerintah daerah ikut membantu ??

3ndur0 May 25, 2009 at 3:49 PM  

memang menumbuhkan rasa sadar diri itu susahnya minta ampun ya.... yahhhhhhh beginilah kualitas masyarakat kita hanya bisa memakai tapi kalau suruh merawat susahnya minta ampun......
Semangat terus demi kemajuan dan kesuksesan kita bersama

Rgds, 3ndur0

aang kunaifi May 25, 2009 at 9:58 PM  

Nah loh... kudu ad tindakan secepatnya sob..
sebelum semua terlambat!!
Saya salut dengan blog anda yg membahas masalah lingkungan hidup. Moga dapat respon dari masyarakat. Salam dari milanisti.

Equal Life May 26, 2009 at 7:59 AM  

Itulah sob kondisi real yang harus kita hadapi sehari-hari. Semua hal itu tidak terlepas dari masalah kepedulian dan budaya masyarakat setempat yang harus mulai dirubah. Bukan dari luar, tapi dari dalam diri mereka sendiri.
Jika saja pemerintah daerah lebih bisa proaktif untuk membantu masyarakat dalam menanggulangi masalah ini, Saya yakin, Kota2 di kalimantan yang didominasi oleh sungai dan perairan bisa lebih tertata rapi, dan akhirnya memberi kenyamanan bagi penduduknya.
Semoga mencerahkan.

rizkyd May 26, 2009 at 3:45 PM  

pemerintah harus lebih pro aktif lagi untuk menjaga kelestarian lingkungan terutama sungai... semoga sukses...

edylaw May 27, 2009 at 6:18 AM  

wah tuh sungai jadi tong sampah terbesar di dunia juga neh... memprihatinkan

Salam kenal

Seti@wan Dirgant@Ra May 27, 2009 at 6:46 AM  

Aku pernah naik perahu disungai ini taon 1992, emang udah kotor, sekarang malah nambah yah...
Mungkin ini penyakit masyarakat kita,... ada sungai ada sampah.

Penikmat Buku May 27, 2009 at 12:29 PM  

masalah sampah gak hanya terjadi di Kapuas, tapi seluruh sungai di Indonesia. Makanya banjir mulu!

budiawanhutasoit May 27, 2009 at 3:33 PM  

hampir seluruh sungai2 besar di Indonesia sudah tercemar.
kita memang tidak bisa menjaga lingkungan.
kesadaran untuk mencintai lingkungan yang perlu ditingkatkan.
apakah bisa? mungkin bukan soal bisa atau tidak..tapi lebih kepada : Mau atau tidak.
semoga upaya yang sedang anda lakukan bisa memberikan efek yang positip, sekecil apapun itu.

aRe_enD_bEE May 27, 2009 at 10:30 PM  

wah..kotor skalee....sungainya...andaikan bersih, ntu pasti akan lbh indah n kapal2 bisa pada trnsit disana...hiks hiks hiks

kutu buku May 27, 2009 at 11:33 PM  

Hati2 jika tidak ramah pada lingkungan alam bisa mengamuk..Diman bumi itu adalah tempat tinggal, jika tempat tinggal rusak, mau tinggal dimana [?] masyarakat perlu di ajarkan tentang pentingnya kesadaran, kedisiplinan, kesehatan, dan lingkungan hidup.

SECONAZ May 28, 2009 at 11:33 PM  

waduh, parah banget...kirain di bandung aja..ayo semangat, kembalikan kapuas menjadi lami lagi

Alex L. Setiawan June 3, 2009 at 10:45 AM  

Harus bisa meniru Propinsi-Propinsi lainnya dalam pengelolaan aliran sungainya, supaya bisa menjadi tujuan wisata yang menarik, bukan sebaliknya menjadi pusat pembuangan sampah rumah tangga.


salam kenal blogger pontianak ...

Sastrocaster June 5, 2009 at 3:12 AM  

Lestarikan sungai yg terpanjang di Indonesia dan kebersihan slalu terjaga

Kickbroker June 12, 2009 at 2:54 PM  

kapan kapan pingin ke pontianak ah....
thanks gambaran tentang kapuas nya...
maklum pendatang

Prie May 3, 2010 at 5:20 PM  

hal serupa hampir banyak kita jumpai di sungai negeri tercinta indonesia, semoga sungaiku akan kembali menjadi sungai yang didambakan tiap insan...

ON THE SPOT October 11, 2011 at 4:16 PM  

ihh.. gak enak banget ngeliat ny.. siapa yg dengan tegany merusak pemandangan indah sungai kapuas??

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP