Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Wednesday, January 20, 2010

Kalimantan yang Terancam

Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di Bumi ini. Hingga saat ini merupakan tempat yang sedikit mengalami dampak lingkungan yang diakibatkan pengambilan Sumber Daya Alam. Sebenarnya, Kalimantan ditutupi oleh hutan dan dihuni oleh flora dan fauna endemik. Seperti orang hutan, burung enggang,macan dahan sedangkan floranya adalah kebanyakan berupa anggrek yang langka. Setelah manusia menempati pulau Kalimantan, lambat laun hutan mulai terkikis, penebangan liar terjadi, pemburuan hewan ataupun tanaman, menjadi masalah yang ada hingga saat ini. Kini alam Kalimantan kritis, hutan hujannya musnah dengan cepat dan perdagangan satwa liar yang ada di mana-mana. Ekosistem mulai berubah, di mana suatu flora dan fauna tidak akan tahan lama untuk hidup di hutan Kalimantan.
Sekitar separuh hutan-hutan alamnya yang musnah dengan terus berkelanjutan, bisa dibayangkan sangat mengkhawatirkan. sayapun pernah melihat sendiri keadaan tersebut, tempat tersebut bekas tambang liar, di sana hanya ada danau yang lumayan besar dengan dikelilingi pasir putih. Pada awalnya itu sangat mengagumkan bagi Saya. Tapi ternyata itu hanya kekaguman yang tanpa sepengetahuan kalau itu adalah kerusakan alam.
Hutan Kalimantan perlu dijaga dan dilestarikan dan jawabannya adalah menjadikan Kalimantan sebagai Heart of Borneo, di mana kawasan lintas batas seluas lebih dari 20Juta ha atau lebih seperempat luas pulau. Inisiatif ini dicanangkan agar tidak hanya menjaga sebidang besar hutan tapi memastikan ketersedian air juga pangan serta mendukung keberlangsungan hidup masyarakat Kalimantan. Sangat diharapkan dengan adanya Heart of Borneo ini, dapat dilaksanakan oleh seluruh orang yang akan menyelamatkan pulau ini dari ancaman terbesar kerusakan hutan dan kian memburuknya dampak kemarau dan kebakaran yang juga akan berpengaruh pada Global Warming.


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



58 komentar:

noesa January 20, 2010 at 7:22 AM  

nah lhooo.... kok waduh kalau sudah begini sypa yang tanggung jenab..eh jawab????

Awaluddin Jamal January 20, 2010 at 8:47 AM  

wah.., seram juga membayangkannya..,

bagaimana klo hutan2 di pulau kalimantan sudah habis..,

IHSAN January 20, 2010 at 10:10 AM  

wah gawat nich

kita yang bermukim di kalimantan akan menghadapai masalah di masa depan

Ali Mas'adi January 20, 2010 at 12:41 PM  

(lihat komen IKHSAN).. yang akan bermasalah bukan hanya kalimantan... klo kerusakan terus terjadi semua penghuni bumi akan kena dampaknya... lihat aja sekarang... cuaca extreem sering terjadi.. banyak nelayan yg gagal melaut... jadi rugi kan...

agoez January 20, 2010 at 2:06 PM  

Sumatra Sdh Habis. Cukong Kayu Merapat ke Kalimantan....Selamat Datang Bencana Ekologi

Johnson Manurung January 20, 2010 at 2:32 PM  

Hutan di Kalimantan harus mendapat perhatian lebih dari seluruh lapisan masyarakat.

belajarngeblog January 20, 2010 at 7:33 PM  

pemerintah perlu memperhatikan dampak lingkungan trehadap program transmigrasi. semoga ada solusi untuk tetap menjaga keperawanan bumi borneo. karena kita perlu tahu bahwa selain SDA yang melimpah. pulau kalimantan merupakan satu-satunya pulau di indonesia yang tidak dilewati lempeng benua. dan itu berarti kemungkinan untuk terjadi gempa sangat kecil bahkan tidak akan pernah ada. tapi itu semua kembali kepada Allah SWT.

×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷× January 20, 2010 at 8:52 PM  

Mengenaskan.....bila rimba yang dulu perkasa tak mampu lagi bertahan karena HPH yang semena mena tanpa memikirkan dampak yang akan datang.....sungguh tragis....

Hery January 20, 2010 at 9:01 PM  

Hasil hutan dikalimantan banyak dijual ilegal ke negara tetangga, siapa yang harus dipersalahkan?

Ipin January 21, 2010 at 5:07 AM  

sangat di sayangkan pulau terbesar ke 3 di muka bumi ini harus mengalami nasib di rusak oleh tangan2 manusia yang tak bertanggung jawab..
ayuu dukung Save heart of Borneo

roy January 21, 2010 at 12:44 PM  

mari bersama-sama kita selamatkan hutan kita dari tangan-tangan tak bertanggung jawab...

the international times January 22, 2010 at 10:15 PM  

perlu upaya seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kelesatarian hutan kita,kalau cuman mengandalkan pemerintah udh ketahuan hasilnya gak akan maksimal. masyarakat setempat lah yg sebenarnya memegang peranan penting.

gak mutu January 23, 2010 at 5:47 AM  

tidak hanya di kalimantan ... tetapi hampir merata di seluruh indonesia hutannya rusak akibat pembalakan liar ....

asep-bogor January 23, 2010 at 6:22 AM  

Sungguh disayangkan, padahal kalimantan adalah salah satu paru2 dunia...kalau keadaannya terus begini dunia akan semakin panas.

SyahidaComputer January 23, 2010 at 6:49 AM  

Untuk melakukan pelestarian alam ini perlu kerja sama dari berbagai komponen, pemerinah dan masyarakat... Artikel yang mantabz ...

phonank January 23, 2010 at 7:27 AM  

Borneo salah satu pulau penghasil oksigen terbesar nih...

tp kini mulai dijamah manusia2 nakal.. main asal tebang saja,, huh....

Osi January 23, 2010 at 9:58 AM  

Lapor.....saya penduduk asli Kalimantan Timur....untuk sementara ini...hutan di sekitar bukit Soeharto masih terjaga dan terawat...berkat kesigapan dinas Kehutanan Kal-tim....semoga penanganan hal tersebut tidak hanya pemerintah saja yg ikut ambil bagian....sangat di harapkan bantuan bagi warga Kalimantan untuk ikut menjaga dan melestarikan hutan di Kalimantan.

Seti@wan Dirgant@Ra January 23, 2010 at 10:38 AM  

Heart Of Borneo....
mari semua menjaga kelestariannya
untuk kesejahteraan anak cucu kita kelak.

Seri Bahasa January 23, 2010 at 7:48 PM  

tempat seri dulu dingin cuacanya. sekarang sudah jauh berbeza gara-gara hutan sekeliling sudah habis. seri juga tinggal di pulau borneo jadi tahu masalahnya.

Dunia Komputer January 24, 2010 at 6:05 AM  

Sayang sekali. Pemerintah dan masyarakat mesti bekerja sama nie untuk melestarikan hutan. Klo ga gimana nasib paru-paru dunia ini?

Ivan Kavalera January 24, 2010 at 1:24 PM  

Informasi yang sangat penting. Mari selamatkan hutan-hutan di Indonesia termasuk di Kalimantan bersama-sama.

gambutku January 25, 2010 at 7:28 PM  

wah saya orang kalimanta fren. ternyata dipulau saya terncam ya. banyak yg gundul sih hutyannya.:D

kartu kredit January 25, 2010 at 8:42 PM  

Saya pernah mampir ke Kalimantan tepatnya Balikpapan th 2000 an, emang saya lihat kehancuran hutan luar biasa hebat dari balikpapan ke Samarinda, sangat menyedihkan perlu berapa lama utk mereboisasi/mengembalikan ke kondisi semula ? sangat memprihatinkan.
Semoga pemerintah lebih serius menangani illegal loging...

em-mizan January 27, 2010 at 3:41 PM  

aduuuh malang benar nasib negeriku... kira2 yg bisa dilakukan org awam kyak saya gini apaan y??

para pencari ilmu January 27, 2010 at 6:02 PM  

sudah saatnya kita peduli terhadap alam.. go green..kalau bukan kita sapa lagi...

Diponegoro Adventure January 27, 2010 at 9:39 PM  

Heart borneo itu slogan atau sebuah program? lalu tindakan nyatanya apa? bentuk pengawasan dan standar keberhasilannya apa???

Tolong dong dijelaskan, tertarik nich..

Bonthain January 28, 2010 at 7:03 PM  

salam blogger kawan...selamat ya atas kemenangannya pd "Lomba Blog STOS 2010"

RAJA FRESH January 30, 2010 at 8:51 AM  

seharusnya kita bisa menyadarkan ke generasi kita mendatang akan arti pentingnya kelestarian alam, bila perlu masuk kurikulum dengan mata pelajaran khusus

Rizky2009 February 4, 2010 at 4:20 PM  

mari kita selamatkan bumi dari ancaman global warming dengan menghijaukan kembali bumi ini....

Goooooooooooooo Green

Chi February 14, 2010 at 3:17 PM  

Memangnya masih banyak yang peduli ya mas...
Kebanyakan kan habis manis sepah dibuang. Udah rusak, orang-orang pergi meninggalkan kerusakan yang parah. Orang lain yang menanggungnya..

fauzan Up'z February 15, 2010 at 9:54 AM  

saya pernah melkihat filem dokementer tentang ini.. indonesia menjadi penebangan liar no.1 di dunia.. bahkan kerugian negara triliunan pertahun.. wah kasian bumi pertiwi kita yah..

kunciku April 10, 2010 at 9:43 AM  

butuh kerjasama masyarakat dgn pemrintah daerah nih, gawat donk kl begini trus.
mudah2an bisa diatasi, amin

jabon July 24, 2010 at 5:36 PM  

Bukan hanya flora dan faona yang punah, bukan hanya kayu yang hilang, tetapi tambang batubara makin ganas.... kebanyakan perusahaan asing yang punya itu proyek, orang kita hanya bagian lapangan....

Jelly Gamat January 7, 2011 at 9:51 AM  

serem juga ya kalo sampe abis... bisa kaya kasus di wasior.. banjir bandang...

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP