Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Thursday, July 01, 2010

Air, Air & Air

Berapa jumlah air di Bumi ? Berapa banyak kapasitas air yang terpakai? Apakah air tiap tahun berkurang?

Air adalah zat, materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi. Lebih dari setengah permukaan Bumi ditutupi oleh air. Air sebagaian besar terdapat di laut, sungai, danau, es kutub, puncak gunung,awan dan lainnya. Jumlah mereka tidak pernah berkurang. Air tidak pernah lenyap karena melalui siklusnya, jumlah air tiap tahun tidak akan pernah berkurang.
Dari sisi kehidupan,semua makhluk hidup pastinya membutuhkan air. Air ialah sumber kehidupan, dimana makhluk dapat bertahan hidup.Terlebih lagi manusia, salah satu kebutuhan yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari adalah air. Air digunakan untuk kebutuhan mandi, mencuci, minum, memasak dan lainnya
Masalah yang dihadapi saat ini adalah kebutuhan air bersih. Air bersih menjadi sangat langka. Air menjadi mahal, contohnya saja Sungai Kapuas. Air-nya berwarna coklat. Banyak orang yang menggunakannya untuk aktifitas sehari-hari.
Penyebab utama terjadinya pencemaran lingkungan air merupakan ulah tangan manusia sendiri. Membuang sampah semabarang ke sungai dapat mengakibatkan air tercemar, limbah pabrik, limbah kimia tambang dan lainnya ialah penyebab utama air menjadi tercemar.
Walaupun terjadi pencemaran, namun alam memiliki kemampuan untuk mengembalikan kondisi air yang tercemar melalui proses pemurnian atau purifikasi alami dengan media tanah, pasir, bebatuan serta mikro organisme yang ada. Makanya ada teknologi pemurnian air buatan manusia yang biasa mengunakan lapisan-lapisan penjernihnya adalah, batu, pasir tanah dan sebagainya.
Namun pencemaran yang terjadi secara besar-besaran, membuat alam tidak mampu mengembalikan kondisi air ke sedia kala. Sehingga alam menjadi kehilangan kemampuan memurnikan pencemaran yang terjadi. Sampah dan zat-zat kimia membuat parah kondisi alam yang kian hancur.
Seperti yang dikatakan di awal, bahwa akibat pencemaran ialah pasokan air bersih yang akan sulit didapat dan pastinya dari keadaan air yang tidak bersih, menimbulkan berbagai penyakit. Maka dari itu, yang mesti dilakukan adalah meminimalisasikan pencemaran dengan hidup yang ramah terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang.


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



21 komentar:

tomo July 1, 2010 at 7:59 PM  

Bukan main pentingnya air bg tubuh kita dan semua makhluk hidup.
Tp juga betapa sulitnya mendapatkan air bersih saat ini

pelangi anak July 2, 2010 at 9:11 AM  

AIR SUNGAI YANG KERUH DAN BERWARNA COCLAT TANAH, ATAU WARNA LAIN YANG TIDAK ALAMI, MERUPAKAN PERTANDA ADANYA DEGRADASI LINGKUNGAN YANG AKUT.

UNTUK SUNGAI YANG TERBILANG SEHAT, AIR SEHARUSNYA JERNIH DAN BERSIH, JUGA TIDAK BERBAU, TERLIHAT SANGAT ENCER DAN MENYEGARKAN...

OKEY MARI KITA SELAMATKAN LINGKUNGAN KITA DENGAN MULAI MEMPERBAIKI GAYA HIDUP KITA MASING-MASING, MULAI MENJALANKAN POLA KONSUMSI YANG GREEN DAN RAMAH TERHADAP LINGKUNGAN!

don paradox July 2, 2010 at 10:36 AM  

nice blog..
tukeran link yuk mas..
saya sudah pasang link anda di blog saya, jadi mohon link backnya!! trims

Warna Tulisan July 2, 2010 at 11:06 AM  

hampir disetiap daerah sahabat terjadi pencemaran, air yang dulu bersih sekarang sudah sangat kotor akibat ulah manusia.

BRI Jakarta Veteran July 3, 2010 at 8:29 AM  

meminimalisirkan pencemaran lingkungan tentunya dibutuhkan konsistensi dari Pemerintah dalam penerapannya termasuk sosialisasi kepada masyarakat umum.

Blog Kempul July 4, 2010 at 11:09 AM  

wah, bener juga nih.. bkan di sungai kapus saja kyaknya sob.. sungai yg didaerah pemukiman kmuh di jakarta.. juga.. :) yg insyaallah masih brsih di pdesaan apalgi dket gnung.. jhhee.
.
.
Sob, nih saya mau tkeran link nih, bloh ya. Sip link anda sudah terpasang..thanks :D

The international times July 4, 2010 at 10:05 PM  

tapi makin hari pencemaran air oleh manusia semakin meningkat..bukannya menurun....dan yg menjadi korban nantinya anak cucu kita.

Kedai Obat July 5, 2010 at 1:14 AM  

80% penyusun sel penyusun tubuh manusia adalah AIR. Maka, janganlah kotori air, krn jika air yg dikonsumsi kita kotor, maka akan tumbuh generasi yg "berpenyakitan' juga.. Jagalah Kebersihan AIR! Trims buat infonya..

Kedai Sehat July 10, 2010 at 9:57 PM  

komentar kedai sehat yg pertama.. mau bertukar link dgn artiirhamna, mhn konfirmasinya.. link artirahmna sdh terpasang di link sahabat.. mhn dicek, trims

Koko Bota July 12, 2010 at 4:06 PM  

ya klo gak ada air bisa mati kita...jgn sampai lah airnya gak ada hehhehehee...

Sukadi July 15, 2010 at 9:49 AM  

untuk mendapatkan air bersih sekarang sangat sulit, di desa yg dulu mudah dapat air bersih sekarang mulai tercemar...

Ruang Endemik August 31, 2010 at 8:43 AM  

Air tidak akan lepas dari kehidupan manusia, tentunya tanpa air, manusia tidak dapat hidup. Mari kita jaga lingkungan hidup kita untuk menjaga kelestarian air

Kang Farhan January 27, 2012 at 7:33 AM  

Air adalah Rahmat bagi manusia..bila manusia tidak bersyukur atas nikmat yg telah diberikan maka bencanalah yg kemudian ditimpakan... mari jaga kemurnian air kita demi anak cucu kita nanti... inspiring sekali topiknya

Rumah Info January 27, 2012 at 8:56 AM  

Air adalah energi yang tak ada penggantinya, tnpa air, d bumi takkan ada kehidupan

BRI Jakarta Veteran January 27, 2012 at 9:30 AM  

betul sekali sahabat, kebutuhan air bersih dari tahun ke tahun meningkat sementara kebersihan lingkungan kurang mendapat perhatian serius baik dari pemerintah maupun masyarakat.

rizki_ris January 27, 2012 at 9:22 PM  

Kunjungan malam sobat
Seharusnya pihak yang ingin membuang limbah ke sungai harus melakukan pengelolaan limbah sampai limbah tersebut aman untuk dibuang ke badan sungai
Nice info sobattt

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP