Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Friday, June 24, 2011

Panen Tenaga Surya Yuk!!

panel surya | panen tenaga surya yuk
Sudah sobat ketahui ya, bahwa sumber energi dari bahan bakar fosil saat ini mulai langka, namun Matahari adalah sumber energi yang dari dulu sudah dilirik oleh para ilmuwan untuk memasok kebutuhan energi rumah tangga. Sekarang, dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat, alat-alat yang menggunakan tenaga surya sudah banyak ditemui di pasaran. Seperti mobil bertenaga surya sampai dengan pemanas ruangan dan air yang juga bertenaga surya. Nah, semua alat-alat tersebut digunakan oleh konsumen adalah konsumen yang peduli terhadap lingkungan hidup dan tentunya para konsumen ini bertekad untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Tentu juga ya sobat, salah satu cara menghasilkan energi dari tenaga surya ini adalah dengan memakai panel surya atau solar panel. Panel ini berwarna hitam mngkilat dan berfungsi untuk mengumpulkan panas dari Matahari dan mengubahnya menjadi listrik sebelum dialirkan sebagai energi menghidupkan peralatan rumah tangga. Oh ya, panel surya ini sendiri dibuat dari sel-sel photovoltaic yang tersusun sedemikian rupa hingga bisa menangkap sinar dan memakai energi secara hemat dan sel-sel photovoltaic ini sudah banyak ditemukan di pasar.

Produksi sel-sel photovoltaic ini sendiri, mengalami lonjakan drastis loh, hingga biaya produksinya menurun. Sel-sel photovoltaic ini memakai semiconductor yang mengubah sinar Matahari menjadi listrik. Sobat bisa mendapati sel-sel photovoltaic ini di kalkulator tenaga surya hingga di komplek industri besar. Nah, karena harga dan biaya perawatannya semakin rendah nih, sobat sekarang sudah bisa loh memakai energi surya ini.

Sayangnya ni sobat, walaupun biaya pemakaian energi surya menurun, tapi biayanya masih mahal dibandingkan dengan sumber energi lainnya. Jadi untuk sobat ya, lakukan dulu survei untuk memakai energi surya sesuai kantong sobat.

Bagaimana caranya ?
Sobat bisa menemukan terlebih dahulu panel surya yang multifungsi yang dapat dipakai untuk memanaskan air, menghangatkan ruangan sampai memasak dan jika sobat bisa memakai energi surya secara luas di rumah sobat, bisa jadi dapat menghemat energi dan biaya


Sudah pasti ya sobat, kalau penggunaan sederhana energi surya untuk di rumah saja dapat membawa efek baik dan banyak bagi lingkungan dan kesehatan, karena energi surya memiliki tingkat polusi paling rendah dan kecil jika dibandingkan sumber energi lainnya loh.

Apalagi, jika suatu tempat terpencil yang belum ada aliran listrik tentunya energi surya bisa menjadi praktis dan efisien. Oh ya, untuk iklim tropis seperti Indonesia sepertinya cocok juga untuk memakai Panel Surya karena memiliki pasokan cahaya sepanjang hari dan sepanjang tahun.

Diharapkan nih sobat, di masa datang nanti, teknologi sel photovoltaic akan semakin efisien hingga sobat tidak membutuhkan sel-sel surya dalam jumlah banyak.Hal ini sobat dikarenakan sel surya menghasilkan arus listrik langsung (DC) yang perlu dikonversikan ke arus listrik AC (alternate current). Dalam proses pengalihan tersebut sobat, energi yang dihasilkan akan hilang sekitar 4-12% loh.

Hei sobat, energi surya adalah energi masa depan!!
Mulai dari sekarang, ayo pasang panel surya di rumah sobat dan selamatkan lingkungan!!! Kalau belum bisa, ayo kita sisihkan uang kita, siapa tahu nanti bisa beli panel surya!! Hehehe...

sumber : http://www.beritalingkungan.com/berita/2011-06/ayo-memanen-tenaga-matahari/


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



27 komentar:

Rama June 24, 2011 at 10:25 PM  

artikel yang bagus..
tukar link gan, linknya agan dah ane pasang di
http://computertabloid.blogspot.com
mohon back linknya.
makasih sebelumnya..

TechSega June 25, 2011 at 5:05 PM  

salam sahabat, ini ajakan bagus mas negara kita paling beruntung betul gak mas.... posting kren nih... terima kasih semoga CR - nya makin maju dan sukses

Kedai Obat June 25, 2011 at 9:27 PM  

Info yg menarik, kunjungan ke blog sobat, visiting me back! thanks... :)

tutorial menarik June 27, 2011 at 12:16 AM  

Pengen deh atap rumah saya dipasangin solar cell, tapi sepertinya di indonesia masih belum terjangkau harganya... :D

Btw, saya mau tukeran link dengan mas. Apakah masih bisa?
Linknya telah saya pasang di blog tutorial menarik. Mohon linkbacknya ya.. :D
terima kasih...

BRI Jakarta Veteran June 29, 2011 at 1:39 PM  

ajakan yang menarik namun mungkin perlu ada sosialisasi dari Pemerintah secara gencar sehingga masyarakat banyak menjadi tahu.

vicky June 29, 2011 at 1:44 PM  

kirain udah break sob di dunia maya , heheheh , sering2 posting donk biar juga ada kbr , masa 1 bulan sekali baru posting 11

artiirhamna June 29, 2011 at 1:46 PM  

@vicky, iya2 nih juga mulai update kok...
cuma saya aja jarang blogwalking nih...

@ALL: makasih atas komentarnya, maaf gx bisa balas 1 perssatu :D

Rama July 1, 2011 at 6:09 PM  

gw tertarik nih sm artikel ini..
good job.

tukar link nya gan.., link ente dah ane pasang di blog ane http://computertabloid.blogspot.com silahkan di cek.
back link nya jng lupa.

Mojokerto Hosting July 1, 2011 at 7:06 PM  

kira-kira berapa biaya yg dibutuhkan untuk membangun panel tenaga surya untuk kebutuhan 1 rumah?

Astawama July 3, 2011 at 4:29 PM  

tapi rada mahal ini panel surya nya...per kotak...hohoho bolehlah kita kolaborasi dengan listrik langgannan PLN

ekodanu July 15, 2011 at 6:35 AM  

waow,
mantap bgt toe teknologi klo uda merakyat.pst pak dahlan uda gk perlu repot2 nyari source baru bwt nerangin seluruh indonesia.
thanks

Nikmaya John August 8, 2011 at 1:05 PM  

Wah info bagus nih,,,,, jadi lebih efisien walaupun agak mahal,,,, Mengenai resikonya gimana nih???

Iklan gratis tanpa daftar August 8, 2011 at 1:06 PM  

Wah kalau mobil pake tenaga surya enak kali ya,, gak perlu beli bensin ataupun solar,,, hehe,,, tpi kalau malem gak bisa jalan juga yaw,,, hehe

Chencake August 8, 2011 at 1:07 PM  

Biasanya kita butuh sumber energi kan waktu malem hari,,, nah nih gimana dong???

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP