Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Sunday, January 29, 2012

Krisis Global Utama dari Gas Rumah Kaca

Krisis Global Utama dari Gas Rumah Kaca
arti irhamna - Survey Risiko Global 2012 menempatkan peningkatan gas rumah kaca sebagai sumber kerusakan lingkungan utama dalam 10 tahun mendatang.

Laporan yang disusun oleh Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) 2012 ini juga menyebut sejumlah risiko lain seperti bencana alam, cuaca ekstrem, badai geomagnetik hingga bencana akibat ulah manusia seperti polusi dan eksploitasi sumber daya alam.

Namun dua penyebab utama perubahan iklim yaitu terus naiknya emisi gas rumah kaca dan kegagalan dalam adaptasi perubahan iklim menempati urutan teratas sumber risiko lingkungan global.

Jika disadari, semua risiko tersebut berpotensi mengacaukan ekonomi dan kehidupan masyarakat, memicu konflik geopolitis yang akan menghancurkan sumber daya bumi yang paling berharga beserta penghuninya.

Yang menarik, hasil survey Forum Ekonomi Dunia menyatakan, risiko yang bersumber dari ulah manusia seperti kegagalan untuk mengelola urbanisasi, tanah, saluran air dan ekploitasi sumber daya alam akan lebih mungkin terjadi dalam 10 tahun mendatang dibanding bencana alam seperti gempa, letusan gunung berapi, cuaca ekstrem dan badai geomagnetik.

Kegagalan manusia tersebut memicu peningkatan emisi gas rumah kaca dunia yang menjadi sumber utama risiko lingkungan global.

Risiko ini juga diperparah oleh kegagalan pemerintah mengendalikan harga energi dan produk pertanian yang akan meningkatan konsentrasi gas rumah kaca baik secara langsung maupun tidak langsung.

*Sumber dari www.hijauku.com


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



27 komentar:

sweethyamore January 29, 2012 at 10:10 AM  

Efek gas rumah kaca memang sangat berpengaruh buruk pada kerusakan lingkungan. Semoga bisa dicari solusi terbaik untuk mengatasi hal ini. thanks informasinya.

KangFarhan January 29, 2012 at 10:18 AM  

semoga kedepannya antara pemerintah dan masyarakat saling berkolaborasi dan sepakat bahwa efek rumah kaca sangatlah merugikan... jadi tidaklah menjadi momok di kemudian hari... info yg sip deh

chelonia January 29, 2012 at 11:04 AM  

Kebanyakan orang menganggap karbon dioksida sebagai satu-satu kontributor terbesar dalam efek pemanasan global. padahal ada banyak GRK yang sedikit luput dari pandangan kita, seperti gas metana yang punya daya emisi 72x lebih besar dari CO2.

sumber metana sendiri berasal dari industri peternakan (dan masih lagi yg lain). Anda akan tau sendiri, bagaimana industri peternakan menjadi kontributor terbesar dalam pemanasan global, mulai dari pemeliharaan ternak, sampai terjadi di piring kita. semua menguras energi dan menghasilkan emisi.

artiirhamna January 29, 2012 at 11:16 AM  

@sweethyamore
tentu saja, solusi memang harus dicari agar nantinya tak dapat merusak lingkungan ya.

@KangFarhan
Iya, kita harus jalin kerjasama dengan pemerintah, namun kadang sulit juga diajak untuk kerjasama -_-

@chelonia
setuju nih, namun gas rumah kaca yang paling banyak juga adalah uap air yang mencapai atmosfer akibat penguapan air dari laut, danau dan sungai.

artiirhamna January 29, 2012 at 11:20 AM  

@Black Angel Syndicate
Terima kasih, absen lagi y nanti

@enonovan44
Keep Post to Blogging for The Earth!! ^_^

@Indonesia Ku
Pagi!! sama2, terima kasih juga sudah mampir

rizki_ris January 29, 2012 at 3:06 PM  

Kunjungan sore sobat
Efek gas rumah kaca memang berdampak besar bagi bumi kita sob
Sekarang aja populasi orang utan turun sekitar 50% gara- gara perubahan iklim dan ulah manusia
Lha nanti bisa- bisa anak cucu kita gak tau yang namanya orang utan
Sob ikut Hilo Green Ambassador 2012 yuk

NURA January 30, 2012 at 9:26 AM  

asalamualaikum
jadi tahu ternyata gas rumah kaca
sumber utama resiko lingkungan global

zhey five January 30, 2012 at 7:55 PM  

wiiidiihhhh thanks banget ya kawan... infonya. tetap samangat meluncurkan artikel terbaik sobat.

agusbg January 30, 2012 at 11:08 PM  

untuk saat ini masyarakat masih suka dengan jendela berkaca atau rumah kaca... seharusnya di imbangi dengan menanam pohon di sekitar rumah, sehingga panas pantulan dari kaca efeknya tidak besar...

Windows Blog February 3, 2012 at 9:52 AM  

takut bnget sama pemanasan global,,,
makanya, tanam phon ja nih, mari kita tanam phon

Ary_Putra February 9, 2012 at 11:35 PM  

Artikel yang bagus dan bermanfaat. emang efek besar dari pengaruh gas rumah kaca thdp dampak kehidupan jangka panjang sgt mengerikan. nice share.salam

Lensa February 10, 2012 at 5:40 PM  

Tanggungjawab kita selaku manusia untuk memperhatikan hal ini, karena tanpa disadari kita sendirilah yang menjadi penyebabnya :)
Nice info :)
Btw, iya nih lagi sibuk banget :)

D' DOTCOM 99 February 13, 2012 at 4:29 AM  

andai pemikiran semua orang sama kaya agan2 dan agan2wati yg comment disini "peduli terhadap lingkungan", pasti kalo kita buka google earth semua permukaan bumi warnanya hijau ama biru :) ...

Nice info brad !!!

eko February 13, 2012 at 5:39 PM  

wah dampaknya berbahaya ya sob,,semoga kita bisa menjaga bumi ini dengan baik supaya mengurangi bencana alam..info yg menarik sob :)

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP