Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Sunday, March 18, 2012

Santap Siang dengan Sotoji, Soto Jamur Instan di Bumi Khatulistiwa

artiirhamna.com - Hari ini ternyata bangun kesiangan lagi, walaupun sholat subuh tidak ditinggalkan. Tapi tetap aja, hari ini akhirnya bangun jam 10-an. Malam tadi habis mengerjakan tugas kuliah sampai jam 1 pagi, tapi tidak ada hasilnya juga. Jam 10 pagi tidak begitu baik, karena di meja makan sama sekali tidak ada makanan yang bisa dimakan. Sudah habis dan kebetulan Ayah dan Ibu sedang puasa kamis.Tengok dapur juga Ibu baru memulai masak, katanya juga masih lama masaknya.
Makin siang di Bumi Khatulistiwa, cuaca makin panas saja dan selang beberapa waktu kemudian. Datang seseorang ke rumah di pagi yang lumayan sudah terik ini, ternyata ada yang mengantarkan paket. Pikirku ini pasti paket sotoji. Eh, ternyata benar!! ini paket sotoji dan sampai juga di Bumi Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat.

Akhirnya agak heboh satu rumah, termasuk Ayah dan Kakak yang ingin tahu isinya apa. Kubuka bungkus paketnya dan ternyata ada tiga bungkus yang didapat. Alhamdulillah, bisa untuk makan ini sebelum berangkat kuliah jam 1 siang nanti.

Bergegas ke dapur, memanaskan air dan memasak 1 bungkus sotoji, soto jamur instan. Jika berbicara soal jamur, biasa juga makan jamur dalam sayur sop, tapi untuk jamur tiram belum pernah, hanya jenis jamur kuping. Namun ini pertama kalinya mendengar soto dengan menggunakan jamur tiram.

Nah, karena tadi ibu juga sedang masak dan masaknya ada menggunakan sayur wortel dan kentang, jadi bahan-bahan itu aku ambil sedikit dan menambahkan dalam rebusan mie sohun dan jamur, sembari menunggu mie sohun dan jamurnya melunak. Aku memotong tomat segar sebagai bahan pelengkapnya.

Sepertinya jamurnya agak kenyal saat aku mencoba untuk merasakan tingkat kelembutannya, karena mie sohunnya sudah matang, kuangkat saja, mungkin sudah cukup dan langsung menuangkannya ke dalam mangkuk yang sudah berisi bumbu dari kemasan sotoji.

Dengan menambahkan tomat dan taburan daun bawang serta bawang goreng, sotojiku siap disantap.

Pertama, merasakan kuahnya.Kuahnya terasa pas di lidah, berbeda dengan rasa soto pada produk soto instan lainnya, di sini pas, tidak asin sekali ataupun tawar. Benar-benar seleraku.

Lalu mencoba mie dan jamurnya, mienya pas untuk disantap dan jamurnya begitu kenyal dan benar-benar enak.

Kakakku pun menghampiriku, mencoba menyantapnya. Katanya enak, rasa kuahnya berbeda, beda dengan soto-soto lainnya. Rasanya pas di lidah. Karena saking enaknya, kakakku minta banyak dan akhirnya dihabiskan olehnya, aku cuma dapat sedikit, padahal orang lagi lapar belum ada makan dari pagi.

Walaupun dimakan berdua, tapi rasanya nikmat dan akhirnya tinggal kuahnya saja, jadi aku yang masih kelaparan mencoba memasukkan nasi ke dalam kuahnya dan kusantap. Ternyata cocok dan enak disantap, wah ini baru asli soto yang bisa disantap dengan nasi. Memang kadang-kadang ada soto yang kalau disantap nasi kurang sedap dimakan, tapi sotoji yang dengan total energi 296Kkal persajinya,mungkin cukup apalagi ditambah nasi, cocok untuk dijadikan santap pagi, siang ataupun malam.

Komposisinya mungkin perlu dilengkapi, mungkin dalam bumbu tambahkan sayuran kering, jadi tidak hanya jamurnya saja dan itu akan menambah cita rasanya yang lebih nikmat. Untuk kemasan sendiri dari tampilan cukup menarik hanya perlu menambah bagian sobekan pada bungkus minyak dan cabe, jadi tidak susah kalau mau membukanya.

Wah, cukup sekian deh untuk kuliner kali ini, kuliner jauh yang sampai di Bumi Khatulistiwa, Sotoji, semoga bisa jadi bahan acuan untuk sotoji meningkatkan kualitas produknya untuk dikenal di masyarakat luas.


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



34 komentar:

Zero CodeXgigas March 18, 2012 at 5:35 PM  

hahaha, ikutan santap siang di sore hari ya???

mari kita saling memberi komentar dan bersilaturrahim

ICAH BANJARMASIN March 18, 2012 at 6:04 PM  

Curang nihhhh..sotojinya tolong dipaketin donk gannnnn..jadi ngiler nih ngeliatnya..tegaaaaaaa..hahahayyyy.

artiirhamna March 18, 2012 at 6:26 PM  

@Zero CodeXgigas
Hha.. santap siang di sore hari? bagaimana tuh?
oke, mari bersilaturahim

@ICAH BANJARMASIN
Hehe... minta paketin dong sama sotojinya,,,

@Arief Ahsan
Nafsu makan!! Lapar!!!

Xpresi4share N Software Pro March 18, 2012 at 7:05 PM  

tolong kirimkan sotoji ke xpresi4share, pesan 1 dus, paket kilat ditunggu segera, hehe

artiirhamna March 18, 2012 at 7:11 PM  

@Xpresi4share N Software Pro
haha... andai aku distributornya, aku mau kirim, tapi pesan dulu lah. tapi aku bukan distributornya, kunjungi aja web sotojinya...

My Diery March 18, 2012 at 8:19 PM  

Semoga Sotoji menjadi lebih inovatif dan tersebar keseluruh indonesia..

KangFarhan March 18, 2012 at 9:01 PM  

hmmm.jadi pengen sotoji...instan lagi....pengen nih...hehehehe
sip dan nyampe kesini lho baunya... :)

masChandra March 18, 2012 at 9:04 PM  

kok jadi ingin makan nih ...hahahaha...menu istimewa soto jamur ya... :)

Rizki Putra Dewantoro March 19, 2012 at 10:19 AM  

berkunjung nih, liat-liat juga ke beranda saya ya http://www.mylicarizki.us/2012/03/makan-enak-sehat-dan-praktis-ala-sotoji.html
terimakasih :)

Ruang Inspirasi March 19, 2012 at 3:52 PM  

Baca ceritanya kok perut jadi ikutan laper ya, mana ini belum waktunya pulang. Dan ga ada rombong jualan lewat, karena cuaca lagi hujan...

emsholy March 19, 2012 at 11:27 PM  

Hai, lama tak jumpa.... hehe, setuju deh... SOTOJI emang enak, hehe.. aku juga punya lho.. di
http://blog.sholikhan-s.com/2012/03/kenapa-harus-sotoji.html
jangan lupa liat videonya juga ya..
http://www.youtube.com/watch?v=ni0tDtLwQOQ&feature=youtu.be

CietRa Iekha ShaRy March 20, 2012 at 9:18 AM  

wah ceritanya unik dan menarik ,,semoga menang ia
please visit my blog http://cietrapunyablog.blogspot.com/2012/03/nikmatnya-sotoji-ala-cietra.html

rizki_ris March 22, 2012 at 5:04 PM  

Kunjungan sore sobat
Maaf baru berkunjung sobat soalnya lagi ujian
Berkali- kali mampir ke blog sobat- sobat blogger aku mesti nemui sotoji
Jadi ngiler
gimana itu cara dapetinnya hmmmm

FieRoe Blog April 3, 2012 at 2:54 PM  

ajieeebbb...bgt deh kayaknya tuh rasanya, jadi ngiler liatnya hmmm...

klo ada waktu silahkan singgah ke blog saya mas bro..

terima kasih

Lensa April 27, 2012 at 1:06 PM  

Koq Sotoji terkenal di dunia blogger? jadi penasaran......
ikutan pesan aaah..
hmm jadi lapar...
Btw, maaf bos lama nggak mampir

Trica Jus May 5, 2012 at 7:33 AM  

sotoji memang mantap cuyy . woy beberapa kali ane kunjung ke sini ko komen ane kaga ada yang muncul ?

Lensa August 24, 2012 at 2:34 PM  

habis makan sotoji koq langsung hilang? apa khabarnya ya? minal aidin ya...

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP