Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Monday, October 01, 2012

Duta Pariwisata, Bujang Dare Pontianak 2012

Bujang Dare Pontianak 2012 - Zemy Prabowo dan Reni Karina
Bujang Dare Pontianak 2012
Sobat Blogger!!
artiirhamna.com - Pemilihan Duta Pariwisata seperti di Jakarta kita kenal dengan Abang dan None, kalau di Bandung namanya Mojang dan Jajaka, ada juga Kang dan Nong dari Banten. Lalu kalau di Pontianak apa namanya ?

Untuk sobat blogger yang belum tahu, di Pontianak duta wisatanya disebut dengan BUJANG DARE atau disingkat Budare. Bujang Dare lebih diistilahkan pada Melayu, Bujang untuk laki-laki, Dare atau Dara untuk perempuan.
Sebanyak 38 finalis,terdiri dari 19 Bujang dan 19 Dare bersaing memperebutkan gelar Duta Pariwisata Kota Pontianak, sebelumnya ada 40 finalis yang terpilih dari hasil seleksi sekitar 98 orang yang mendaftar, namun 2 diantaranya gugur dikarenakan sakit.
Finalis Bujang Dare Pontianak 2012
38 Finalis Bujang Dare Pontianak 2012
Selama masa karantina dari 24-29 September 2012, peserta melakukan banyak kegiatan, diantaranya berkunjung ke media cetak, mendapatkan pendidikan tentang table maner, kedisiplinan, sopan santun, dan lainnya hingga terakhir pada hari sabtu lalu (29/09) mempertunjukkan bakat yang mereka miliki.

Bujang Dare Pontianak 2012 - Launching Website Ikatan Bujang Dare Pontianak
Genderang Rebana, Launching site's Ikatan Bujang Dare Pontianak
Malam Final Bujang Dare Pontianak 2012
adalah rangkaian Semarak Hari Jadi Kota Pontianak ke-241yang dilaksanakan minggu malam tadi (30/09) tepatnya di Rumah Adat Melayu Pontianak. Event tahunan ini juga,pada malam tersebut dijadikan sebagai momentum launching website resmi dari Ikatan Bujang Dare Pontianak (www.bujangdarepontianak.org) oleh Walikota Pontianak.

Tim juri yang menilai finalis pada malam itu terdiri dari jurnalis, dinas pariwisata ada juga alumni dare hingga Walikota Pontianak yang turut andil menilai khusus untuk Bujang Dare komunikatif, terbaik catwalk dan berpenampilan terbaik.

Malam final semua Bujang Dare tampil berpasangan dengan busana khas Adat Melayu Pontianak dan setiap mereka tampil untuk menjawab pertanyaan dilontarkan, finalis Bujang Dare berpantun untuk memperkenalkan diri mereka.

Bujang Dare Pontianak 2012 - Syair Melayu
Syair Melayu, harus dilestarikan
Setelah 38 finalis tampil dan menjawab pertanyaan, akhirnya tim penilai meninggalkan mejanya dan merapatkan siapa yang berhak menjadi Duta Pariwisata Kota Pontianak. Selama menunggu hasil keputusan, disuguhkan pula hiburan berupa syair melayu, fashion show dan stand up comedy.

Hasil yang ditunggu akhirnya diumumkan juga, tampak wajah tegang dari 38 finalis Bujang Dare Pontianak 2012 yang tidak sabar menanti siapakah yang berhak menjadi Bujang Dare Pontianak 2012.

Seperti halnya pemilihan duta putra putri, ada tentunya pemenang dengan berbagai kategori, kategori itu antara lain, Bujang Dare Intelegensia, Bujang Dare Berbakat Bujang Dare Persahabatan, Bujang Dare Berbudaya dan Bujang Dare Favorit.

Bujang Dare Pontianak 2012 bersama Bujang Dare Pontianak 2011
Bujang Dare 2011 lepaskan gelar kepada Bujang Dare 2012
Bujang Dare Pontianak 2011 naik ke panggung, diiringi rentak musik melayu. Mereka siap melepaskan gelar kepada Bujang Dare terpilih, akhirnya Bujang Pontianak 2011 menyerahkan gelarnya kepada finalis no. 29, Zemy Prabowo sebagai Bujang Pontianak 2012 dan Dare Pontianak 2011 memasangkan mahkotanya kepada finalis no. 16, Reni Karina untuk menjadi Dare Pontianak 2012.

Bujang Dare Pontianak 2012 yang terpilih, nantinya akan bersama pemerintah, dinas budaya dan pariwisata mempromosikan wisata Kota Pontianak dengan masa kerja 1 tahun. Motivasi Dare Pontianak 2012, Reni Karina, ia mengatakan bahwa ingin melestarikan budaya kota pontianak khususnya budaya melayu karena menurutnya banyak budaya asing yang masuk yang bisa menghilangkan budaya-budaya yang ada di Kota Pontianak. Tidak hanya itu, Walikota Pontianak sendiri mengharapkan mereka semua menjadi pelopor pembangunan dalam segala bidang di Kota Pontianak.


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



17 komentar:

rizki_ris October 1, 2012 at 2:28 PM  

Bujangnya ganteng ^^
Darenya juga cantik
nama keduanya sapa ham?
acaranya meriah banget ya ham?

artiirhamna October 1, 2012 at 4:36 PM  

@rizki_ris di tulisan ada kok riz,,,
Zemy Prabowo, Bujang Pontianak 2012
Reni Karina, Dare Pontianak 2012 :)

blogunix October 2, 2012 at 9:15 AM  

semoga dengan terpilihnya Bujang Dare yang baru dapat memberikan kontribusi yang baik terhdap pariwisata di pontianak ...

artiirhamna October 2, 2012 at 12:16 PM  

@belle Yup,, memang mantab Pontianak!!
@Syafiq Sevenfoldizm memang rame sob, sampai penuh yang nonton. Semoga dengan adanya posting ini bisa merasa berkunjung ke pontianak :)
@blogunix amin. tentu saja harus memberikan yang terbaik.
@anime mediafire Sip, cantik dan ganteng, tapi haru memiliki wawasan pengetahuan luas juga mengenai pariwisata :)


Baktiar Sontani October 2, 2012 at 12:29 PM  

Ah sayang aku tidak pernah memotret di acara seperti ini, padahal di Kupang juga digelar Nyong dan Nona Kupang....
Cantik-cantik ya pesertanya.... *liatnya yang bagian cewe saja*

Ragil | Simple October 2, 2012 at 2:47 PM  

kunjungan balik gan...

jika bersedia mari kita tukeran link+follow follow an yukzzz :)

www.ragil-simple.blogspot.com

anak baik October 2, 2012 at 2:56 PM  

pasti acaranya meriah banget yah, sayang tidak bisa melihat langsung, hanya melihat dan membaca diblog sobat

Mangapow | Baca Manga Online October 5, 2012 at 1:32 PM  

wah, mantap infonya nih, bermanfaat bagi saya .

tukeran link yuk sob

#Salam sehat dari saya

Masjid Sultan Ahmed October 5, 2012 at 5:40 PM  

sebutannya keren juga ya.. Budare.. jadi tahu banyak mengenai ini mas.. bahkan yang saya tahu hanya jakarta.. abang none.. selain itu gak ada yang saya tahu :(

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP