Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Sunday, October 21, 2012

Karnaval Sungai Kapuas, Tampilkan Beragam Hewan Air

Karnaval Sungai Kapuas
Arwana, Kapal Hias Bank Indonesia
artiirhamna.com - Kemeriahan Waterfront City, Alun-Alun Kapuas dengan adanya Festival Meriam Karbit tidak hanya mendatangkan wisatawan dari domestik, tetapi jurnalis dari Singapura juga ikut andil untuk menyaksikannya. Terlebih lagi pada Sabtu malam (20/10) mereka datang tidak sekedar melihat meriam karbit namun menyaksikan juga Karnaval Sungai Kapuas.

Karnaval Sungai Kapuas yang baru pertama kali digelar menjadi rangkaian kegiatan yang kesekian kalinya dari Pontianak October Festival dalam menyambut Semarak Pontianak 241 tahun.

Karnaval kapal yang bertemakan Hewan Air diikuti setidaknya 15 kapal motor air. Acara ini sendiri terselenggara kerjasama Bank Indonesia (BI) Kalbar, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Kalbar, Pemkot Pontianak serta Pontianak Post.
Karnaval Sungai Kapuas
Tanda tangan penyerahan simbolis lampu Jembatan Kapuas Satu

Sebelum karnaval dimulai, Bapak Walikota Pontianak, Sutarmidji dengan Bapak Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pontianak, Hilman Trisnawan menandatangi secara simbolis penyerahan lampu Jembatan Kapuas Satu kepada Pemkot Pontianak. 

Tampak Pak Hilman, siap menyulut meriam karbit

Tidak lupa, para pimpinan Bank ini juga unjuk kebolehan bermain meriam karbit, walaupun sempat takut-takut akhirnya berhasil dengan baik saat menyulut meriam yang membuat dentuman menggelegar lagi.
Karnaval Sungai Kapuas
Bunyi terompet, melepas peserta Karnaval Sungai Kapuas
Selepas bermain meriam, Pak Hilman dan Pak Sutarmidji melepas peserta Karnaval Sungai Kapuas. Kapal motor air hias yang bertemakan Hewan Air ini, menampilkan beragam bentuk hewan, seperti ikan Arwana yang ditampilkan oleh Bank Indonesia, lalu dari Bank Kalbar menampilkan kapal dengan Kepiting Hijau, Ikan Badut (Nemo.red) dari Bank Mandiri, Hiu, Penguin, Gurita, Buaya bahkan ada Sponge Bob dan masih banyak lagi macam-macam yang ditampilkan.

Kapal-kapal ini juga ditumpangi oleh pegawai masing-masing bank yang menggunakan adat baju khas Pontianak, Telok Belanga, corak insang.

Malam yang bercahaya di Sungai Kapuas, menambah warna-warni dengan Karnaval Sungai Kapuas ini. Hewan-hewan air ini pun seolah-oleh bermain dengan senangnya di Alun-Alun Kapuas dan seakan-akan menyapa semua yang hadir untuk ikut memeriahkan suasana Hari Jadi Kota Pontianak ke-241 tahun.


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



2 komentar:

kiki October 21, 2012 at 11:34 PM  

Kunjungan malam ham :)
ternyata kapal motor bisa dihias juga
khan biasanya kendaraan darat aja yang dihias
unik konsep acaranya
jadi kayak parade lampion yang gede di sepanjang aliran sungai :)

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP