Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Thursday, October 11, 2012

Korban Copy Paste

Jangan copy paste
artiirhamna.com - Ada yang berbeda ketika setiap postingan diawali dengan url blog ini, mungkin ada yang bertanya atau sudah tidak perlu ditanya karena sebagian blogger juga sudah menggunakan hal seperti ini untuk penulisan blognya, tetapi tidak bagi arti irhamna, ini adalah momok besar setelah peristiwa malam tadi.

Kenapa coba ada sebuah website atau blog baik yang menggunakan domain gratis ataupun berbayar melakukan copy paste suatu artikel atau postingan tanpa mencantumkan sumbernya? Ya, mungkin maaf buat sobat blogger yang ada seperti itu, tapi saya sangat menghargai kalau mereka-mereka ini mencantumkan sumbernya.

Lalu? kenapa harus bertanya seperti ini?
Sebab, salah satu postingan arti irhamna yang berjudul "Hantu, Penuhi Jalan Gajah Mada Pontianak" menjadi korban copy paste seorang blogger yang tidak bertanggung jawab, semua kalimatnya, paragrafnya, tebal hurufnya bahkan gambarnya sama, kecuali warna sih dan juga videonya tidak dimasukkan. Sobat bisa lihat saja searching aja di google.comdengan judul tersebut, pasti langsung mendapatkan siapa pelakunya.

Screenshot blog copy paste dari artiirhamna.com (rhonnyanker.wordpress.com/2012/10/08/hantu-penuhi-jalan-gajah-mada-pontianak)
Nah, menindaklanjuti itu, jadi langsung berinisiatif pagi-pagi sekali mengubah sebagian tulisan, terutama tulisan yang diikutlombakan dalam Pontianak October Festival 2012 yang di awal paragraf pertama saya masukkan url blog artiirhamna.com.

Dulunya, pernah masukkan kalimat arti irhamna di setiap awal paragraf pertama, namun dilakukan setengah-setengah dan bahkan tidak dimasukkan sama sekali.

Hanya saja, tetap berpositif thingking, kenapa artikel atau postingan menjadi korban copy paste bagi oknum yang tidak bertanggung jawab. Mungkin menurutnya postingan ini bagus, jadi dicomotnya saja untuk masuk ke blognya. Berharap ke depannya nanti, arti irhamna lebih memantapkan lagi bagaimana membuat postingan yang baik dan benar dan sesuai kaidah juga ya dan tentunya sesuai dengan Hak Cipta, selain postingan, gambar, video dan hal lainya.

Terima Kasih...

Setelah menemukan pelakunya dan sedikit bernegosiasi, akhirnya sang blogger mencantumkan sumber postingan asli.
UPDATE : 11/10/12 - 16.15 WIB
Gambar courtesy :
imranisasi.blogspot.com/2011/11/pingsan-dengan-cara-manual.html
Di edit oleh : artiirhamna.com


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



17 komentar:

Asep Haryono October 11, 2012 at 8:52 AM  

Ass Wr Wb. Saya sudah lihat dan menuju TKPnya. Wah kacaw kuadrat nih. Saya turut prihatin. Semoga ini menjadi pembelajaran buat kita agar menghormati hak cipta. Wassalam

artiirhamna October 11, 2012 at 9:15 AM  

@Asep Haryono waallaikumsalam, makasih kang sudah ikut prihatin dan langsung memberik tanggapan cepat :)
semoga ke depan tidak terjadi lagi dan tentu saja jadi pelajaran bagi kita

rizki_ris October 11, 2012 at 6:21 PM  

Kunjungan malam sobattt
ya elah sob sabar ya sob
blogger mental copas kayak gitu berarti menandakan dirinya bukan blogger sejati
blogger sejati kudu jungkir balik gimana cara buat postingan yg menarik bukan mengcopy postingan orang tanpa sumber untuk menarik perhatian pembaca :)
semangat ya sob
jangan kecolongan lagi ya

Hendrik Sudirman October 11, 2012 at 9:20 PM  

Waah kalau hal itu terjadi pada artikel saya, gimana ya sOb? apa yang harus Ane lakukan? terus apa sih efeknya bagi blog saya?

artiirhamna October 11, 2012 at 9:27 PM  

@rizki_ris Makasih ya ririz :D jangan sampai kecolongan lagi.

@Hendrik Sudirman kemarin artikel itu hilang dari index di mbah gugle, sekarang dah muncul. nah, mungkin itu salah satu akibatnya. Tapi tetap ya kita rugi, capek2 buat artikel dah meliput, eh dicopas tanpa cantumkan sumber.

Hendrik Sudirman October 12, 2012 at 5:36 AM  

@artiirhamna Bener juga sih sOb. Siapapun mesti dalam hati gak kan mudah rela kalau hak ciptanya dicopas gitoe aja tanpa ijin. Apalagi hal yang paling sulit dalam ngeblog kan membuat artikel. :D . Keren soB. sukses selalu

artiirhamna October 12, 2012 at 11:13 AM  

@Hendrik Sudirman iya sobat, tentu aja adalah hal yang sulit untuk mencari bahan liputan. sukses juga buat anda.

@Sang Pengembara Mendoakan yang baik saja, semoga lebih baik lagi.

@balibackpacker Sip, makasih, Semangat!! Keep Blogging...

hbstephanus October 24, 2012 at 9:24 AM  

Mohon petunjuk,
kalau mengalami seperti itu kita sebagai penulis asli harusnya bagaimana, sob ?

artiirhamna October 24, 2012 at 9:27 AM  

@hbstephanus harus mencari pelakunya, menegur sopan, memberitahunya baik2, kita minta link kita dimasukkan di sana, itu aja sih...

Bahribux November 11, 2012 at 6:45 PM  

Sabar gan.. emang begitulah dunia blogging, ane juga pernah jadi korban hehe

dering.co.id November 12, 2012 at 3:47 PM  

waktu awal artikel ane dicopas ma blogger lain, ane sempet heboh. Lama kelamaan setelah artikel ane banyak dicopas, ane baru ngeh ternyata fenomena copas semacam ini sudah gak asing lagi di dunia blogging.
Ya, merupakan tindakan yang sangat bijaksana dan luar biasa ketika agan berpikir positif sekaligus mencari cara agar artikel kita tidak mudah dicopas, seperti mencantumkan hal2 kecil yang menandakan bahwa tulisan itu sebetulnya berasal dari tulisan kita memang langkah yg sangat bijak sekaligus.
Jd, tetap berkarya, sob.

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP