Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Saturday, October 27, 2012

Selamat Hari Blogger Nasional 2012

Hari Blogger Nasional | Selamat Hari Blogger Nasional 2012
artiirhamna.com - Sobat Blogger!! Pada tahun 2007 lalu, mungkin Sobat sudah tahu, bahwa tanggal 27 Oktober dideklarasikan oleh Bapak Muhammad Nuh selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) merupakan Hari Blogger Nasional saat Pesta Blogger 2007 berlangsung. Artinya di tahun 2012 ini sudah 5 tahun berjalan ya untuk kita sebagai Blogger Indonesia memperingatinya.

Baca kelanjutannya...

Monday, October 22, 2012

Dare Bersuka Ria, Festival Tari Melayu Se-Kota Pontianak

Festival Tari Melayu Pontianak
Pemenang berfoto bersama
artiirhamna.com - Rentak Musik melayu terdengar di halaman Pontianak Convention Center (PCC) pada Minggu Malam (21/10). Para penari pun melenggak-lenggok menari di hadapan penonton. 6 grup yang terdiri dari SMA 2, SMA 3, SMA 4, SMA Ki Hajar Dewantara, Dare Inang dan Ikan Mas tampil dalam Festival Tari Melayu Se-Kota Pontianak yang merupakan rangkaian menyambut Hari Jadi Kota Pontianak ke-241 tahun.

Dalam kesempatan itu, hadir Ibu Helfira Hamid selaku Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak yang mengatakan harapannya ke depan agar Bujang Dare Kota Pontianak, mencintai kesenian tari melayu dan tentunya memahami dan sangat mengenal budaya dan adat istiadat Melayu Kota Pontianak.

Baca kelanjutannya...

Pontianak Timur Paling Meriah, Arakan Pengantin Melayu Pontianak

Arakan Pengantin Melayu Pontianak
Paling meriah, Pontianak Timur
artiirhamna.com - Sebanyak 12 grup dari 6 kecamatan meriahkan Hari Jadi Kota Pontianak ke-241 pada hari Minggu (21/10). Mereka tampil mengenakan pakaian Adat Melayu Pontianak dan berbaris rapi di Jalan Gajah Mada.Berderet dalam barisan itu terdapat pembawa pokok manggar 6 orang, lalu pokok telur 2 orang, pembawa musik tar atau hadrah, lalu Pengantin, pembawa hantaran sebanyak 8 orang serta paling belakang adalah pembawa musik tanjidor. Secara keseluruhan dapat ditebak bahwa ini adalah Arak-Arakan Pengantin Melayu Pontianak.

Walaupun cuaca dari siang kembali mengguyur Kota Pontianak, tapi sekitar pukul 2 siang, cuaca kembali cerah hingga pelaksanaan Arakan Pengantin Melayu Pontianak dapat digelar.

Baca kelanjutannya...

Sunday, October 21, 2012

Karnaval Sungai Kapuas, Tampilkan Beragam Hewan Air

Karnaval Sungai Kapuas
Arwana, Kapal Hias Bank Indonesia
artiirhamna.com - Kemeriahan Waterfront City, Alun-Alun Kapuas dengan adanya Festival Meriam Karbit tidak hanya mendatangkan wisatawan dari domestik, tetapi jurnalis dari Singapura juga ikut andil untuk menyaksikannya. Terlebih lagi pada Sabtu malam (20/10) mereka datang tidak sekedar melihat meriam karbit namun menyaksikan juga Karnaval Sungai Kapuas.

Karnaval Sungai Kapuas yang baru pertama kali digelar menjadi rangkaian kegiatan yang kesekian kalinya dari Pontianak October Festival dalam menyambut Semarak Pontianak 241 tahun.

Baca kelanjutannya...

Seni Melayu Tampil dalam Festival Meriam Karbit

Festival Meriam Karbit Pontianak
Siap, menyulut meriam karbit
artiirhamna.com - Dentuman hebat menggelegar hingga membuat jantung berdegup kencang adalah hal biasa yang menjadi tuntutan para pemain meriam karbit.Namun ini adalah sebuah tradisi dari zaman dulu, ketika Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie membuka sebuah area untuk tempat tinggal yang waktu itu diganggu oleh hantu dan tradisi ini pun masih terjaga sampai sekarang dengan adanya Festival Meriam Karbit.

Meriam karbit, di Pontianak tidak hanya dapat disaksikan ketika Hari Raya Besar Islam ataupun di saat pergantian tahun baru. Akan tetapi,kamis lalu (18/10) telah dibuka Festival Meriam Karbit dalam menyambut Semarak Pontianak 241 tahun.

Baca kelanjutannya...

Jelang Akhir Kompetisi Blog dan Fotografi POF 2012

artiirhamna.com - Lomba Blog dan Fotografi akan berakhir. Lomba yang dimulai sejak 22 September 2012 lalu diadakan dalam memeriahkan Semarak Pontianak 241 tahun dengan tajuk Pontianak October Festival 2012.

Di dalam kompetisi yang dilaksanakan 1 bulan penuh, peserta blog ditantang untuk membuat tulisan berupa liputan acara dalam Pontianak October Festival (POF) 2012, begitu juga dengan peserta fotografi yang harus membidik foto-foto dalam agenda acara tersebut. Nah, Ada sekitar belasan agenda acara di dalam rangkaian POF 2012 yang tentunya dapat dipilih oleh peserta mana yang menarik untuk jadi bahan liputan maupun foto.

Bagi Natalius salah satu peserta blog memaparkan bahwa lomba ini berbeda, sebab kebanyakan lomba blog yang beredar di dunia maya lebih banyak menantang peserta untuk menulis pendapat atau cerita bahkan lomba seperti SEO (Search Engine Optimization)

Baca kelanjutannya...

Saturday, October 20, 2012

Anti Korupsi Melalui Pontianak Integrity Fair

Pontianak Integrity Fair
Panggung Integrity Fair
artiirhamna.com - Setelah beberapa kota besar di Indonesia seperti Palembang, Bandung, Makassar dan terakhir di Banjarmasin, kini Integrity Fair hadir di Kota Pontianak. Acara Pontianak Integrity Fair ini dilaksanakan mulai 19 hingga 21 Oktober 2012 di Pontianak Convention Center (PCC) yang sekaligus menyemarkkan Hari Jadi Kota Pontianak 241 Tahun yang bertajuk Pontianak October Festival 2012.

Acara Pontianak Integrity Fair ini terlaksana atas kerjasama dengan pihak KPK RI, Pemkot Pontianak, Pontianak Post hingga Komunitas Anti Korupsi yang ada di Kota Pontianak, yaitu KOMPAK dan IYAC.

Baca kelanjutannya...

Sunday, October 14, 2012

Semarak Flower, Fashion Road dan Marching Band SMA Pontianak

Fashion Road dan Marching Band SMA Pontianak
Flower, tema fashion road
artiirhamna.com - Serangkaian acara Pontianak October Festival 2012 dalam Semarak 241 Tahun Kota Pontianak digelar kembali. Sebanyak 13 team SMA Pontianak pada hari Minggu (14/10) mengikuti Fashion Road dan Marching Band yang oleh penyelengara dari Pontianak Post dan Pemerintah Kota Pontianak pada tahun ini mengangkat tema Flower.

Sekretaris Daerah, Bapak H. M. Akib beserta Ibu Dinas Pariwisata membuka secara resmi acara yang digelar di Jalan Gajah Mada Pontianak dengan tabuhan drum dan pelepasan peserta Fashion Road dan Marching Band SMA Pontianak ini. Meskipun pada hari itu hujan lebat mengguyur kembali Kota Pontianak mulai pagi, namun pada saat acara yang berlangsung sekitar jam 2 siang

Baca kelanjutannya...

Sungai Jawi, Gelar Lomba Sampan Rakyat Tradisional

Lomba Sampan Rakyat Tradisional Sungai Jawi Pontianak
Pak Walikota, lepas peserta bersama Budare
artiirhamna.com - Pasar Ibu yang terletak di daerah Sungai Jawi ini seperti biasa dipadati para pedagang maupun pembeli. Namun, di sana juga tak kalah ramainya umbul-umbul yang berjejer berbaris tertiup angin pagi.

Minggu pagi (14/10), sekitar jam 8 lebih Bapak Sutarmidji selaku Walikota Pontianak membuka resmi acara Lomba Sampan Rakyat Tradisional didampingi Bujang dan Dare Kota Pontianak di kawasan Sungai Jawi. Sungai Jawi sendiri berarti Sungai Sapi, yang konon asal mula namnya dimasa lalu ada sesosok manusia yang dikutuk

Baca kelanjutannya...

Thursday, October 11, 2012

Korban Copy Paste

Jangan copy paste
artiirhamna.com - Ada yang berbeda ketika setiap postingan diawali dengan url blog ini, mungkin ada yang bertanya atau sudah tidak perlu ditanya karena sebagian blogger juga sudah menggunakan hal seperti ini untuk penulisan blognya, tetapi tidak bagi arti irhamna, ini adalah momok besar setelah peristiwa malam tadi.

Kenapa coba ada sebuah website atau blog baik yang menggunakan domain gratis ataupun berbayar melakukan copy paste suatu artikel atau postingan tanpa mencantumkan sumbernya? Ya, mungkin maaf buat sobat blogger yang ada seperti itu, tapi saya sangat menghargai kalau mereka-mereka ini mencantumkan sumbernya.

Baca kelanjutannya...

Sunday, October 07, 2012

Hantu, Penuhi Jalan Gajah Mada Pontianak

Fashion Road dan Marching Band SD SMP Pontianak
Salah satu peserta fashion road
artiirhamna.com - Minggu (7/10) jam dua siang, Bapak B Salman, selaku Wakil Direktur Pontianak Post mengawali pembukaan acara Fashion Road dan Marching Band SD SMP Pontianak di Gedung Graha Pena Jalan Gajah Mada dengan tabuhan drum. Sebanyak 15 regu terdiri 6 grup SD dan 9 grup SMP mengikuti kegiatan ini yang merupakan rangkaian Pontianak October Festival 2012 dalam menyambut Semarak Hari Jadi Kota Pontianak ke-241.

Baru saja pembukaan dan salah satu grup Marching Band serta Fashion Road mulai berparade, hujan tak terbendung mengguyur. Memang sedari acara belum dimulai, cuaca sudah sangat mendung, hingga hujan yang membuat para peserta bubar mencari tempat berteduh.

Baca kelanjutannya...

Saturday, October 06, 2012

Yogyakarta Ikuti International Borneo Sumpit Tournament 2012

International Borneo Sumpit Tournament
Peserta turnamen sumpit
artiirhamna.com - Perhelatan olahraga tradisional sumpit, International Borneo Sumpit Tournament (IBoST) 2012 kali ini dilaksanakan di Bumi Khatulistiwa, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Acara yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 7 Oktober 2012 ini bertempat di Museum Negeri Kalimantan Barat. Lebih dari 200 peserta dari berbagai daerah dan negara tetangga ikut andil bagian dalam perhelatan turnamen sumpit ini yang diadakan untuk ke-2 kalinya setelah tahun 2011 lalu dihelat di Kota Amoy, Singkawang. Para kontingen berdeville di hadapan para tamu undangan dengan iringan musik tanjidor dan genderang rebana.

Baca kelanjutannya...

Monday, October 01, 2012

Duta Pariwisata, Bujang Dare Pontianak 2012

Bujang Dare Pontianak 2012 - Zemy Prabowo dan Reni Karina
Bujang Dare Pontianak 2012
Sobat Blogger!!
artiirhamna.com - Pemilihan Duta Pariwisata seperti di Jakarta kita kenal dengan Abang dan None, kalau di Bandung namanya Mojang dan Jajaka, ada juga Kang dan Nong dari Banten. Lalu kalau di Pontianak apa namanya ?

Untuk sobat blogger yang belum tahu, di Pontianak duta wisatanya disebut dengan BUJANG DARE atau disingkat Budare. Bujang Dare lebih diistilahkan pada Melayu, Bujang untuk laki-laki, Dare atau Dara untuk perempuan.
Sebanyak 38 finalis,terdiri dari 19 Bujang dan 19 Dare bersaing memperebutkan gelar Duta Pariwisata Kota Pontianak, sebelumnya ada 40 finalis yang terpilih dari hasil seleksi sekitar 98 orang yang mendaftar,

Baca kelanjutannya...

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP