Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Sunday, October 26, 2014

Bujang Dare Pontianak 2014, Kreatif Melalui Intelektual Modern

Bujang Dare Pontianak 2014
Bujang Dare Pontianak 2014
artiirhamna.com - Assalamualaikum Bujang dan Dare!! Hujan Sabtu malam (25/10/2014) tidak menyurutkan bagi warga Kota Pontianak untuk menghadiri malam Grand Final Pemilihan Bujang Dare Pontianak 2014. Kendati pada awalnya penonton sepi dikarenakan hujan yang cukup deras di Kota Pontianak, namun semakin lama acara berlangsung, antusias warga semakin membludak di lokasi acara tepatnya Pontianak Convention Center (PCC.red).

Malam itu Saya ikut hadir dan merupakan tahun ke-3 bagi Saya berpartisipasi untuk mendokumentasikan Malam Grand Final Bujang Dare Pontianak, sebelumnya di tahun 2012 dan 2013 Saya juga datang untuk menyaksikannya.
Bujang Dare Pontianak 2014
poster bujang dare pontianak 2014
Dalam acara yang bertajuk "Membangun Budaya Melayu Kreatif Melalui Intelektual Modern" terpilih lah 15 Pasang Bujang dan Dare Pontianak yang telah melalui tahap penyeleksian sebelumnya dan juga telah mendapatkan berbagai materi dalam 3 hari karantina, dan salah satunya mereka mengikuti Seminar Baju Telok Belanga' dan Baju Kurong merupakan baju khas melayu.

Bujang Dare Pontianak 2014
15 pasang finalis bujang dare pontianak 2014

Berbeda di tahun sebelumnya, ternyata konsep pemilihan Bujang Dare Pontianak tahun ini dengan menerapkan pengerucutan jumlah Finalis, yaitu dari 15 Pasang menjadi 7 Pasang Bujang dan Dare lalu mengerucut kembali 3 Pasang. Sedangkan yang lalu, tidak ada sistem pengerucutan.

Babak pertama, 15 Pasang Bujang dan Dare mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan diri di hadapan penonton dan tentunya sudah mulai dinilai loh. Lalu dengan hasil yang ketat dari dewan Juri terpilihlah 7 Pasang Bujang Dare, ini dia Finalis 7 besar dengan no. undiannya,

7 Besar Bujang 7 Besar Dare
Erik Pradana - 7
Fahriz Praditia - 23
Akbar Ramadhan - 3        
Fakhri R. - 19
M. Untung - 29
Kandar A - 01
Hermawan - 21
Iffa Asrialita - 10
Demierly S. - 16
Dinda Y. - 30
Kusbandiyah - 28
Devie Setiawati - 22
Nurul Sabrina - 6
Vega Reynata - 2

Ketujuh Pasang Bujang Dare di babak berikutnya mendapatkan pertanyaan melalui undi no. juri dalam sebuah fish ball, pertanyaan yang muncul masih berkaitan dengan bidang pariwisata, budaya, sejarah, teknologi, serta pembangunan.

Bujang Dare Pontianak 2014
7 pasang Bujang Dare Pontianak 2014 masuk babak selanjutnya
Sebelum lanjut juri mengumumkan hasil 3 besar, MC pun membagikan goody bag dengan menjawab pertanyaan. Wah, kali ini Saya memberanikan diri untuk maju ke depan, walaupun grogi berat. MC pun menanyai beberapa hal soal Saya, salah satunya tempat tinggal Saya, yaitu Sungai Jawi, ya jawab seadanya sih, mungkin next tulisan Saya mau membahas Sungai Jawi.

Akhirnya diumumkan juga 3 Pasang Bujang Dare yang masuk ke tahap akhir, dan terpilih Bujang Fakhri R., Fahriz Praditia dan Akbar Ramadhan, lalu Dare Dinda Y., Kusbandiyah, dan Vega Reynata.  Dalam tahap akhir, ketiga pasang Bujang Dare menjawab pertanyaan yang sama dari Bapak Walikota Pontianak, H. Sutardmijdi,SH.,M.Hum.

Pada ketiga Bujang, Pak Walikota menanyakan soal Kulminasi Matahari, yaitu kapan terjadinya peristiwa tersebut. Namun, tiga dari mereka yang menjawab paling tepat hanya satu orang. Peristiwa Kulminasi terjadi 21-23 Maret dan 21-23 September, kalau Bujang Dare belum tahu lagi, bisa baca di blog ini.

Sedangkan Dare, mendapatkan pertanyaan yang sedikit sulit, yaitu tentang BPK, opini untuk Kota Pontianak, dan satupun tidak dapat menjawab dengan tepat, ya jawabannya adalah WTP, Wajah Tanpa Pengecualian dan Kota Pontianak telah mendapatkannya 3 kali. Pada akhirnya, Pak Walikota pun memberikan pertanyaan lain ke pada Dare, untuk mengetahui wawasan mereka.

Penobatan Bujang Dare Pontianak 2014

Pemilihan Bujang Dare Pontianak, ialah rangkaian Hari Jadi Kota Pontianak ke-243. Hasil dari Pemilihan ini mereka akan menjadi Duta Wisata untuk mempromosikan Kota Pontianak sebagai destinasi wisata yang ada di Indonesia.
Bujang Dare Pontianak 2014
Akbar Ramadhan dan Vega Reynata Bujang Dare Pontianak 2014

Bujang Dare Pontianak 2013 yaitu Ahmad Lutfi Syahbana dan Syarifah Fajri Maulidiyah, melepaskan gelar mereka dan akhirnya terpilihlah Bujang Akbar Ramadhan dan Dare Vega Reynata menjadi Bujang Dare Pontianak 2014.
Bujang Dare Pontianak 2014
Walikota menyematkan selempang Bujang Dare Pontianak 2014
Selengkapnya yang menang dari Runnep Up hingga kategori-kategori Bujang Dare Kota Pontianak 2014,

Runner Up 1
Bujang : Fahriz Praditia
Dare    : Dinda Y.

Runner Up 2
Bujang : Fakhri R.
Dare    : Kusbandiyah

Fotogenic
Bujang : Oktavian Andrean
Dare    : Poppy Herrera

Intelegensia
Bujang : Suharno
Dare    : Narita R.

Berbakat
Bujang : Dirga  Pramana
Dare    : Delly Ariska

Favorit
Bujang : Hermawan
Dare    : Demierly S.
Nah, seperti tajuknya, diharapkan tentunya Bujang Dare Pontianak 2014 menjadi Kreatif melalui Intelektual Modern yaitu menggunakan kecerdasannya untuk bekerja, belajar, membayangkan, mengagas, atau menyoal dan menjawab persoalan tentang berbagai gagasan untuk mempromosikan Kota Pontianak sebagai destinasi wisata.

Insya Allah, sampai jumpa di tahun depan di pemilihan Bujang Dare Pontianak 2015!! Jayalah Pariwisata Kota Khatulistiwa!!!


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



3 komentar:

Jasa Bikin Blog October 26, 2014 at 10:55 PM  

Memang kegiatan seperti ini harus selalu dipertahankan, agar anak bangsa berkompetisi dengan benar dan bisa membawa cita-cita bangsa yang baik.

budi purnomo October 27, 2014 at 9:50 AM  

kalo di jakarta semacam ajang pemilihan abang dan none ya mas,
dan turut mengucapkan selamat untuk para juara lomba :)

artiirhamna October 29, 2014 at 1:40 PM  

@budi purnomo Bener mas, semacam itulah, setiap daerah punya nama duta wisatanya masing-masing dan salah satunya di Pontianak adalah Bujang Dare

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP