Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Friday, October 24, 2014

Hari Jadi Kota Pontianak ke-243 #PTK243

artiirhamna.com - Assalamualaikum Sobat, kemarin di twitter hastaq #PTK243 menjadi trending topik lokal  nomor satu. Nah, kalian tahu #PTK243 apa artinya? Artinya adalah Pontianak 243 tahun, memang kemarin tepatnya 23 Oktober 1771-2014 merupakan Hari Jadi Kota Pontianak ke-243 dan menjadi sebuah moment di sosial media untuk mengucapkan Selamat untuk Kota yang dijuluki Kota Khatulistiwa ini.


Kota Pontianak sudah berumur 243 tahun, ya bisa dikatakan bukan umur yang muda,tapi sebuah Kota yang semakin hari menjadi Kota Metropolitan yang selalu berbenah diri.

Selama setahun terakhir, menurutku hal yang paling jadi topik hangat di Kota Pontianak ialah Jembatan Kapuas 1, jembatan yang melintas di Sungai Kapuas ini mungkin pernah dengar kejadian Tabrakan Kapal Tongkang yang menabrak Jembatan Kapuas 1, lebih kurangnya kejadian dari akhir Agustus tahun 2013 sampai sekarang ini, dan sudah banyak kejadian tabrakan Jembatan, berapa jumlahnya Saya lupa, tapi lebih dari 3 kali itu pasti.

sungai kapuas dan jembatan kapuas 1
Hal ini sobat mengakibatkan beberapa kali kendaraan roda 4 atau lebih tidak diperbolehkan melewati Jembatan Kapuas 1 dan harus melalui Kapal Penyeberangan Ferry atau memutar melalui Jembatan Kapuas 2 yang cukup jauh dan memakan waktu lebih lama dari biasanya yang merupakan penghubung pusat Kota Pontianak ke daerah Pontianak lainnya dan penghubung menuju Kabupaten di KalBar. Tapi Alhamdulillah sekarang sudah normal kembali, namun pemerintah telah melakukan tindak tegas dan peraturan untuk Kapal yang akan lewat di bawah Jembatan Kapuas harus di dampingi agar tak terjadi hal yang sama lagi serta masih pelarangan untuk kendaraan berat seperti truk atau mobil container untuk lewat di Jembatan Kapuas 1.

Lanjut lagi sob, kali ini masalah pembangunan atau infrastruktur di Kota Pontianak, memang banyak yang dibenah loh selama setahun ini, jalan ditinggikan di aspal dan perencanaan yang masih berlanjut untuk Jalan Layang, Jalan Lingkar Luar di Kota Pontianak untuk mengurai kemacetan yang sudah melanda di saat jam-jam sibuk.

Kemudian merajalelanya Hotel-Hotel Berbintang yang tengah di Bangun, Saat ini ada masih tahap pembangunan seperti Harris Hotel, Golden Tulip dan Swissbell yang akan jadi Gedung Pencakar Langit tertinggi di Kota Pontianak dengan 23 lantai. Nah, ada juga MOB atau Mall Of Borneo yang dibangun, yang merupakan Mall terbesar di KalBar. Tapi sudah masuk di dalam Kabupaten Kubu Raya sih, dekat batas kota lah, pastinya kalau sudah selesai bakal dampak besar juga ke Kota Pontianak.
tampak depan istana kesultanan pontianak
Wisata, pariwisata di Kota Pontianak sudah bisa dikatakan sudah membaik, artinya tiap tahun selalu ada peningkatan, tahun ini Keraton Kadariah sudah berbenah lagi dan sempat kemarin berkunjung sedang tahap bagian dalam yang dibenah setelah pemugaran besar di luar yang sayangnya menggantikan tiang besar kayu belian dengan tiang beton.
maket Khatulistiwa Park

Tugu Khatulistiwa juga mulai melanjutkan tahap pembangunan, menjadikannya Kahtulistiwa Park, saat tanggal 22 September lalu tepatnya kulminasi matahari dilalukan Ground Breaking Khatulistiwa Park, dengan konsep akan ada Planetarium, Taman bermain, dermaga, hotel berbintang yang akan menjadikan Tugu Khatulistiwa menjadi lokasi menarik untuk dikunjungi.

Tahun ini juga pemerintah akan menjadikan kawasan Sungai Jawi, menjadi tempat wisata air dan kuliner dengan dibuatnya jalan paralel dan perbaikan infrastruktur jembatan baru, namun masih terkendala dengan jalan paralel karena tanah atau rumah warga di tepi sungai.
Lomba sampan di sungai jawi
Alun-alun Kapuas, menurutku sudah kembali ke masa jayanya dimasa lalu, begitu ramai warga yang refreshing ke sana, dulu sempat terbengkalai, tapi Alhamdulillah setelah rehab besar-besaran beberapa tahap, akhirnya begitu cantik dengan adanya 2 air mancur di sana. Namun, PKL saja yang harus ditata lebih baik agar tidak semerawut.
air mancur menari alun-alun kapuas

Berbicara Sapta Pesona yang merupakan aspek dalam sebuah objek wisata, pastinya kalau duta wisata harus tahu ya, hayoo Bujang Dare Pontianak, mesti tahu Sapta Pesona, yaitu Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah Tamah dan Kenangan. Kota Pontianak kalau dikasih nilai antara 1-10, 7 atau 8 lah, yang lainnya masih harus ditingkatkan pastinya, seperti keamanan dan kebersihannya serta Sejuknya yang masih selalu ditingkatkan, seperti kita tahu Kota Pontianak kadang Panas, mesti menanam Pohon terus ya, program pemerintah sendiri yaitu Badan Lingkungan Hidup menargetkan sebulan dengan 400 Pohon yang ditanam di Kota Pontianak.

Untuk Kota Pontianak yang merupakan Kota Jasa dan Perdagangan, dengan adanya pariwisata dapat meningkatkan perekonomian warga yang berada di sekitar objek wisata, tanpa ada Jasa maupun transaksi dagang, wisata tidak akan berkesinambungan. Yang paling penting juga promosinya, sosial media sudah merajalela, dan itu pastinya akan sangat berdampak besar untuk promosi Kota Pontianak.
Lalu lintas perdagangan dan jasa
Banyak hal yang bisa dibicarakan setahun ini untuk 243 tahun Kota Pontianak, Saya hanya bisa menuliskan beberapa hal saja yang saya tahu dan amati selama ini, Kota Pontianak merupakan Kota Kelahiran Saya, sepatutnya untuk mencintainya mulai dari diri sendiri untuk mengenalkan kepada Dunia, bahwa Kota Pontianak salah satu Kota Istimewa yang ada Indonesia. Jadi, Selamat Ulang Tahun, Selamat Hari Jadi Kota Pontianak ke-243, semoga semakin berjaya dan menjadi Negeri Khatulistiwa yang tauladan.


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



1 komentar:

Informasi Unik dan Menarik October 22, 2016 at 10:42 PM  

Wah keren.. oh ia besok tanggal 23 Oktober 2016 siap2 jadi trending topic #HUTPontianak245 #BloggerPontianak.. :D

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP